Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Agung Fitryarsanto

Bagaimana Memajukan Bank Syariah di Indonesia

Olahraga | 2021-04-29 23:51:53

Bagaimana Memajukan Bank Syariah Di Indonesia

Dengan Mergernya 3 bank BUMN syaria menjadi Bank Syaria Indonesia adalah sebuah langkah maju, untuk memajukan perekonomian Indonesia pada umumya dan kesejahteraan Rakyat Indonesia pada khusuinya, dengan mengakses bank syaria.

Dalam era globalisasi dan persaingan pada era sekarang ini, diperlukan langkah langkah stratgis yang diikuti langkah taktis dan operasional, Untuk memajukan Bank syaria menjadi bank yang terpercaya, aman, adil dan menguntungkan bagi para nasabah.

Latar belakang

Rakyat Indonesia mayoritas beragama Islam, sehingga dalam aktifitas sehari hari mengikuti syariat, seperti bermuamalah atau berihtiar. Untuk hal ini diperlukan sebuah system ekonomi yang mengikuti syariat Islam. Bank adalah sub system yang dapat merupakan lembaga vital dalam system ekonomi seperti pemodalan, Investasi,  tabungan. Aktifitas kirim uang, pembiayaan pembelian kebutuhan hidup dan  aktifitas ekonomi lainya

Dalam hal ini bank syariah sangat diperlukan dalam kehidupan ekonomi di Indonesia. Dan Banyaknya Jumlah Umat Muslim di Indonesia merupakan sebuah pangsa pasar bagi bank syariah untuk mengelolanya, untuk mensejahterakan nasabah, dan memajukan system perekonomian di Indonesia dan internatioanal.

Tujuan

Untuk ini bagaimana memajukan Bank Syariah, agar umat percaya , sadar dan membutuhkan bank syariah sebagai lembaga yang mendukung aktifitas ekonomi mereka.

Langkah strategis

1.       Bank syaria harus dapat memberikan manfaat, keadilan, keuntungan, keamanan dan kepercayaan  bagi nasabah dari pada bank konvensional lain.

a.       Manfaat

Untuk ini Bank syariah memang betul bermanfaat bagi umat. Seperti umat mendapat keamanan dalam berinvestasi, aman dalam menabung, kemudahan dalam pengiriman dana, kemudahan dalam membayar tagihan. Manfaat ini dukung oleh bauran produk syaria yang ditawarkan. Karena syaria dalam system ekonomi sebenarnya memberikan manfaat bagi pelakunya.

b.      Bank syariah memberikan keadilan seperti  system bagi hasil yang adil, uang jasa managemen yang proposional, pasar investasi yang bersih dan menguntungkan.

c.       Bank syariah memberikan keuntungan lebih ketimbang bank konvesional, seperti uang jasa menyimpan tabungan lehih rendah dari bank ribawi, bagi hasil margin investasi lebih menguntungkan dari bank ribawi, menawarkan resiko yang lebih rendah dari bank ribawi., mendukung pembebasan hutang nasabah miskin, system tawaaun untuk mengganti kerugian (asuransi) dalam produk Pinjaman tanpa agunanan Mikro, memilki jaringan ATM yang lebih luas dari bank ribawi. Dan cabang managemen yang luas di Indonesia dan international.

d.      Bank syariah memberikan keamanan lebih, seperti rahasia nasabah terjamin, keamanan dalam pembiayaan, Pinjaman dan kemanan dalam berinvestasi.

e.      Bank sayaria memberikan kepercayaan dan amanah dalam jasa muamalah umat.

2.       Bauran produk syaria di bank syaria harus dapat menjangkau seluruh kebutuhan masyarakat, seperti simpanan tabungan, pinjaman, deposito, pembiayaan rumah tinggal,pembiayaan  kendaraan, pembiayaan emas, produk pinjaman pemenuhan kebutuhan pokok sehari- hari (kartu kredit syaria), sebagai media komunikasi pembayaran Seperti PLN, PAM, Telp dan Tagihan Lain., Bank syaria sebagai media sedekah, infaq, tabungan haji.

3.       Bank Syaria harus memiliki banyak kemitraan, missal dengan lembaga Amil Zakat (untuk membantu zakat pembebasan hutang miskin), lembaga asuransi untuk asuransi premi menutup kerugian KTA, asuransi untuk meindungi investasi, Kemitraan dengan Provider teknologi maju, untuk mendukung system pelayanan (untuk penyaluran investasi, jasa komunikasi pembayaran tagihan, jaringan ATM),

4.       Bank Syaria harus memilki system pembangunan sumber daya manusia yang baik, agar   terimplementasi SDM Unggul dan amanah dalam Bank Syaria dalam memberikan pelayanan kepada nasabah dan menyimpan asset  nasabah sehingga bisa mencapai nol komplain nasabah, yang mengkibatkan resistensi nasabah.

5.       Bank syaria harus memilki system informasi Publik yang baik dan luas (system pemasaran), dalam sosialisasi produk, pencarian prospek nasabah, kepercayaan nasabah.

Kesimpulan

Untuk dapat maju bank syaria harus bermanfaat dan syari dalam meberikan jasa dalam aktifitas ekonomi umat, System managemen yang baik, SDM unggul amanah, bauran produk syaria, Kemitraan, dan system informasi public yang unggul, kepercayaan umat, adil dan menguntungkan bagi umat. Dan ditopang oleh teknologi yang maju dan jaringan yang luas dalam dan luar negri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image