Penggunaan Flashcard dalam Bimbingan Belajar

Image
Febrianti Arum Puspita Sari
Eduaksi | Thursday, 29 Apr 2021, 13:16 WIB

Oleh : Febrianti Arum Puspita Sari

Pada usia sekolah dasar siswa pembelajaran yang dilakukan dengan penggunaan benda atau contoh yang nyata. Hal ini dikarenakan dimana usia anak memang belajar dengan sesuatu yang konkret. Salah satu yang dapat digunakan adalah media pembelajaran.

Media inilah yang menjadikan jembatan bagi para pengajar agar memudahkan anak memahami materi. Media pembelajaran berisi materi yang akan disampaikan tetapi tidak melupakan sisi menarik, seperti dalam penggunaan media ini dilakukan dengan bermain.

Disini anak akan merasa belajar dengan bermain sehingga anak tidak akan mudah bosan. Flashcard sendiri merupakan kartu yang terdapat gambar-gambar yang menarik dan disesuaikan dengan usia anak. Gambar dinilai mampu mempermudah dalam mengingat pembelajaran, anak tidak sekedar membaca dan menghafalkan saja.

Alasan saya menggunakan flashcard ini merupakan media sederhana yang dapat diterima oleh anak usia sekolah dasar. Pada flashcard ini saya menggunakan gambar yang nyata tetapi juga mampu menarik perhatian anak.

Flashcard ini terdapat tulisan yang berada dibalik gambar sehingga anak juga bisa menggunakan media ini secara mandiri. Dalam penyampaiannya dilakukan dengan bermain disini anak akan menjawab secara cepat. Jadi saat flashcard ini diperlihatkan anak yang mengetahui jawaban diberikan kesempatan untuk menjawab.

Apabila anak salah menjawab makan diberikan kepada anak yang lain. Manfaat penggunaan media pembelajaran adalah materi yang disampaikan menggunakan gambar sehingga anak akan lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan. Penyampaian materi tidak hanya berpusat pada gambar saja tetapi menggunakan cerita. Karena jika hanya disampaikan dengan gambar anak pasti akan mengalami kebosanan. Sehingga harus diselingi dengan cerita dan juga permainan.

Bimbingan belajar merupakan salah satu solusi agar anak mau belajar secara bersama-sama dengan temannya. Anak pasti memerlukan seperti jam tambahan dalam belajar, sehingga tidak hanya mengandalkan pembelajaran di sekolah saja. Pembelajaran untuk usia sekolah dasar harus diisi dengan permainan juga.

Media pembelajaran berguna sebagai cara agar anak mampu meningkatkan kemampuan dalam berpikir. Flashcard sendiri memiliki keunggulan yaitu dapat dibawa kemana-mana karena bentuknya yang kecil, gampang diingat karena pada flashcard menyajikan gambar yang sangat mudah diingat oleh anak.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Viral Video Kuburan Upin Ipin, Ini Klarifikasi Tim Produksi

Image

Produk Wisata Untuk Mengoptimalkan Potensi Desa Wisata

Image

Pada Suatu Paragraf

Image

Sebagian Manusia adalah Cobaan Bagi Lainnya

Image

Prediksi Lineup Bhayangkara FC vs Persebaya Liga 1 18 Januari 2021

Image

Viral Video Gus Arya Tantang Allah di Mana? Netizen Geram

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image