Waspada Pemilik iPhone, AirDrop Jangan Nyala Terus, Bahaya

Image
Koiyudh
Teknologi | Sunday, 25 Apr 2021, 03:57 WIB
Sumber: techdaily

Sebagai pengguna iPhone, aku sempat terjebak dalam konsep kalau ponsel iOS ini dijamin aman 100 persen. Jauh dibandingkan perangkat bersistem operasi lain. Namun, sejak beberapa kabar muncul soal risiko keamanan pada produk Apple, pemikiran itu perlahan mulai aku kikis. Termasuk kabar terbaru ini.

Sejumlah peneliti keamanan mendapati kalau AirDrop, fitur yang memungkinan pengguna iOS dan macOS berbagi file via WiFi dan bluetooth, ternyata punya celah yang dapat merugikan penggunanya. Fitur ini mereka sebut bisa mengekspose nomor dan email pemilik perangkat. Peretas berpotensi memanfaatkan kelemahan ini dengan cukup bermodal perangkat berfitur Wi-Fi dan jarak dekat.

Para peneliti keamanan yang menyampaikan kabar tersebut adalah tim pakar yang tergabung dalam the Secure Mobile Networking Lab (SEEMOO) dan Cryptography and Privacy Engineering Group (ENCRYPTO). Sebelum kabar ini muncul, mereka mengeklaim sebenarnya sudah menyampaikan ke Apple soal temuan ini. Tapi perusahaan berlogo buah apel itu kata mereka tidak pernah meresponsnya.

Bagi sebagian kalian, alamat email dan nomor telepon mungkin tidak dianggap penting-penting amat. Tapi, coba ingat, kasus peretasan akun Facebook yang tengah ramai belakangan ini di Tanah Air. Banyak yang merasa dirugikan. Dari email, kejahatan seperti penipuan pun dapat terjadi.

Kekhawatiran akan keamanan AirDrop sebenarnya bukan kali ini saja mencuat. Peneliti keamanan juga mendapati pada 2019, kalau mereka bisa mengetahui nomor pengguna berdasarkan sinyal AirDrop yang keluar.

AirDrop sempat juga dikaitkan dengan beberapa insiden pelecehan digital. Satu laporan menyebut terdapat sejumlah pelaku pelecehan memanfaatkan fitur ini untuk membombardir pengguna iPhone dengan gambar tidak senonoh.

Kalian tentu saja masih bisa menghindari ini. Caranya, ya dengan mematikan AirDrop dan sekaligus fitur bluetooth kalau sedang tidak digunakan. Nyalakan hanya pada saat kamu membutuhkannya saja. Jangan lupa langsung matikan lagi setelahnya ya.

*Sumber: Mashable

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jangan-jangan aku memang Ambivert?

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Indonesia Bisa Mengambil Hikmah di Balik Kasus Covid-19 di India

Image

Generasi Milenial Pilar Utama Gerakan Filantropi

Image

Ngabuburit Ramadhan: Lifestyle Mahasiswa di Mesir

Image

Destinasi Wisata Alun-alun Kejaksan, Tempat Ngabuburit Favorit di Kota Cirebon

Image

Penyekatan di Tol Pasteur Menjelang Lebaran

Image

Tempe Mendoan, Menu Takjil Kesukaan Masyarakat

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image