Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pesantren Kilat

Gaya Hidup | Thursday, 14 Apr 2022, 17:13 WIB

Setiap Ramadhan tiba selain adanya perintah ibadah shaum juga yang tak pernah ketinggalan adalah adanya kegiatan pesantren kilat yang diadakan oleh sekolah-sekolah mulai tingkat SD sampai tingkat SMA. Hal ini perlu dilakukan karena sangat penting untuk memberikan pendidikan agama kepada anak didik itu sendiri.

Namun demikian pelaksanaan kegiatan pesantren kilat tentu harus memiliki dampak positif bagi yang mengikutinya dan tidak sekedar melaksanakan karena kegiatan ini memiliki makna tersendiri bagi anak didik agar mereka paham agama dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh setiap sekolah yang melaksanakannya.

Kegiatan pesantren kilat yang dilakukan di sebuah sekolah menengah pertama di Kota bandung (FOTO : Republika.co.id/Yogi Ardhi)

Pertama, pilihlah materi yang mudah dipahami anak didik dan pilihlah materi yang ringan-ringan namun mudah untuk diterangkan kepada anak. Materi tersebut bisa fiqih, akhlak, tauhid dan praktik ibadah. Mengapa hal ini perlu dikedepankan karena kegiatan ini biasanya berlangsung singkat karenanya materinya harus padat.

Kedua, jika memungkinkan materi yang diampaikan misalkan tentang sedekah harus bisa langsung dipraktikkan pada realitanya di mana anak diminta mengumpulkan sejumlah uang untuk dikupulkan dan jika sudah terkumpul maka kemudian segera disumbangkan kepada panti asuhan agar bisa menumbuhkan kepedulian sosial pada diri mereka. begitupula dengan materi lain seperti Shalat berjamaah maka lakukan langsung di masjid biar mereka paham untuk melakukannya.

Ketiga, ada baiknya pemateri yang dihadirkan tidak guru saja tetapi ada pemateri dari laur agar bisa menarik perhatian anak didik. Mungkin bisa jadi kalau pematerinya guru yang telah ada membuat anak akan merasa monoton. Sehingga dengan adanya pemateri dari laur bisa mungkin kegiatan yang dilakukan akan semakin menarik hingga mereka akan fokus dengan materi yang diterangkannya.

Keempat, adakan kegiatan seni Islami sehingga para siswa bisa tertarik untuk unjuk kemampuan yang dimilikinya, baik itu dalam benyanyi,bermusik atau baca puisi sekalipun. Berikan mereka khusus waktu dalam acara yang digelar dis ekolah sehingga mereka bisa berlomba-lomba untuk hal ini yang bisa diksaksikan para guru dan siswa yang lainnya.

Kelima, di penghujung acara sebaiknya diadakan Tablig Akbar agar para anak didik bisa ditambah wawasannya karena mendengarkan ceramah dari penceramah yang dihadirkan ke sekolah. Syukur-syukur yang didatangkan penceramah yang sudah terkenal sehingga bisa menarik anak didik untuk mendengarkan ceramahnya.

Itulah lima hal penting yang harus diperhatikan ketika kegiatan pesantren kilat dilaksanakan di sekolah dans emoga kegiatan ini bisa menarik minat anak didik di dalam memahami agama serta meningkatkan keimanan dan ketakwaannya khususnya pada bulan Ramadhan kali ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image