Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Keuntungan Jadi Penulis

Gaya Hidup | Thursday, 14 Apr 2022, 15:24 WIB

Menjadi penulis bagi siapapun tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Karenanya, semakin hari semakin banyak penulis baru yang bersama-sama dengan penulis lainnya berkarya dengan kemampuan masing-masing yang dimiliki. Tak heran dengan bermunculannya media online maka kesempatan untuk menyelurkan ide menjadi semakin terbuka karena kapan saja bisa menulis.

Profesi menulis sungguh banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Maka oleh sebab itu tak masalah ketika banyak orang menekuni dunia kepenulisan. Tak peduli apapun tujuannya karena menulis adalah berkreativitas dengan ide-ide yang dimiliki hingga menjadi tulisan sebagai karya yang bisa tersebar melalui media massa.

Keuntungan menjadi penulis memang beragam tetapi di sini cukup lima saja yang semoga bsia memotivasi siapapun untuk bisa berkarya dan bermanfaat bagi banyak orang.

Asma Nadia, sosok penulis yang telah banyak menghasilkan karya dan merasakan manfaat menjadi penulis (FOTO : Republika.co.id)

Pertama, tentu saja menulis adalah sebuah upaya yang menghasilkan karya yang bisa menghasilkan uang dalam bentuk honor atau royalti dari kepenulisan buku. Artinya menjadi penulis profesional layak menjadi pilihan hidup karena saat ini banyak bidang yang membutuhkan penulis. Tak sedikit orang yang akhirnya bisa mendapatkan kekayaan banyak dari hasil tulisannya dan kesempatan itu tentunya milik siapa saja yang memilih dunia kepenulisan tersebut.

Kedua, memiliki kesempatan lebih besar dari hasil tulisannya dibaca banyak orang. Bukan saja dia bisa mendapatkan uang namun tulisannya dapat menjadi perhatian orang-orang dan menarik untuk membacanya. Bukankah dengan banyak orang yang membaca hasil tulisan kita berarti secara kualitas bisa jadi tulisan kita diperhitungkan dan dibutuhkan banyak pembaca.

Ketiga, bisa juga banyak meraih pahala apabila tulisan yang dihasilkannya megandung nilai dakwah dan mengajak orang-orang kepada kebaikan. Bisa mungkin tulisan yang dibaca itu mengubah orang yang tadinya bingung dengan apa yang harusdilakukannya. Namun setelah membaca tulisan kita bisa mungkin mereka seolah mendapatkan solusi sehingga ia bisa lepas dari kesulitan dan itu bisa menjadi pahala bagi penulis yang bisa melakukan itu.

Keempat, popularitas bisa diraih karena semakin banyak orang yang mengenalnya melalui tulisan yang dihasilkannya. Dengan banyak menghasilkan tulisan dan juga banyak yang membacanya maka penulis tersebut dapat dikenal orang banyak dan itu sangat memungkinkan meningkatkan popularitas yang bersangkutan di jagat kepenulisan yang dilakoninya.

Kelima, sangat memungkinkan memiliki banyak teman karena profesi penulis kerap banyak dibutuhkan dan banyak orang yang mungkin ingin berkenalan. Karenanya sebuah karya yang baik dan menarik maka bisa menjadi media silaturahmi dengan siapapun sehingga yang jauh pun menjadi dekat serta dengan karya tulis tersebut orang yang tidak kenals ekalipun maka akan bisa bersilaturahmi melalui karya-karya yang dihasilkan oleh kita selaku penulis.

Itulah lima keuntungan menjadi penulis yang setidaknya semakin menjanjikan dan menarik minat banyak orang untuk menekuninya. Ssemuanya akan tercapai dengan kerja keras serta kemauan yang kuat di dalam menghasilkan karya-karya tersebut. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagis eluruh pembaca di manapun mereka berada.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image