Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yudha Manggala P Putra

Masjid Bersejarah Jarir Al-Bajali, Usianya 1.400 Tahun

Agama | Friday, 23 Apr 2021, 13:36 WIB
Masjid Jarir Al-Bajali. (SPA)

Masjid Jarir Al-Bajali merupakan salah satu masjid bersejarah di Arab Saudi juga dunia. Usianya 1.400 tahun. Ia masih berdiri kokoh di kawasan sebelah selatan Provinsi Taif di wilayah Makkah. Tepatnya di desa Al-Qudah pusat Haddad Bani Malik, 100 km selatan Taif.

Masjid ini diberi nama sama dengan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW. Jarir bin Abdullah Al-Bajali tercatat memeluk Islam di bulan Ramadhan, pada tahun ke-10 Hijrah. Makam Jarir terletak di sebelah masjid, tepatnya di belakang ruang salat.

Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur kawasan Al-Sarat. Konstruksi bangunan terdiri dari batu-batu yang berukuran tidak beraturan dan berbahan atap dari cabang-cabang pohon Juniper dan beton. Di dalamnya terdapat ruang ibadah dengan langit-langit ditopang pilar kayu bulat, ruangan bagi wanita, dan ruang yang pada zaman dulu digunakan untuk menampung para pelancong.

Sumber: saudigazette.com

Disediakan pula tempat untuk wudhu dengan tempat penampungan airnya, menara batu berbentuk persegi, serta sebuah menara silinder dengan ketinggian sekitar 11,26 meter yang baru-baru ini ditambahkan ke struktur bangunan tersebut.

Setelah masjid Al-Bajali dipugar baru-baru ini, sekarang bangunan ini memiliki ruang untuk Imam, ruang shalat di sisi timur dan satu lagi di sisi barat, tangki air, gudang, tempat wudhu (lama dan baru).

Sumber: saudigazette.com

Sumber: Republika/Saudi Gazzeete

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image