Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nuri Ninik

Manfaat Backlink untuk Sebuah Situs

Bisnis | Thursday, 14 Apr 2022, 13:59 WIB
Ilustrasi Backlink

Backlink masuk ke dalam faktor yang menentukan rangking sebuah situs di mesin pencari. Untuk itu, dapat dikatakan bahwa backlink memiliki peranan yang cukup penting dalam SEO. Nah pada kesempatan kali ini, mari bahas manfaat backlink untuk sebuah situs. Apa hanya berdampak pada rangking saja atau ada yang lainnya?

Sebelum membahas itu semua, ada baiknya untuk Anda mengetahui apa itu backlink. Backlink dapat diartikan sebagai link yang berasal dari situs lainnya ke situs atau halaman milik Anda. Sebuah studi pernah mengatakan bahwasannya SEO Off Page atau backlink mempengaruhi setidaknya tiga per empat bagian pendongkrak rangking di mesin pencari.

Tapi, tahukah Anda jika backlink yang berpengaruh untuk mendongkrak posisi di mesin pencari bukanlah backlink sembarangan backlink. Backlink yang mampu mendongkrak posisi di mesin pencari adalah backlink yang berkualitas. Nah, untuk backlink yang berkualitas sendiri seperti apa ciri - cirinya? Ciri - ciri backlink yang berkualitas beberapa diantaranya adalah berasal dari situs yang memiliki otoritas tinggi, relevan, masih satu niche, tidak spam dan beberapa kriteria yang lainnya.

Google juga menjadikan backlink sebagai indikator untuk menilai apakah sebuah situs berkualitas ataupun tidak. Backlink juga dapat diibaratkan sebagai tanda kepercayaan situs yang lainnya terhadap situs yang Anda miliki. Memperoleh backlink yang berkualitas memang membutuhkan keahlian dan strategi khusus dan sebaiknya dilakukan oleh profesional.

Kembali lagi ke pembahasan awal, mari kita sama - sama cari tahu apa saja manfaat yang diberikan dengan memanfaatkan backlink kepada sebuah situs. Selengkapnya di bawah ini :

Manfaat Backlink untuk Sebuah Situs

Membangun Otoritas Situs

Manfaat backlink yang pertama adalah membangun otoritas sebuah situs. Mendapat backlink dari situs yang memiliki otoritas yang bagus akan membuat SEO website Anda menjadi bagus serta bisa meningkatkan otoritas sebuah situs pula. Google akan menilai bahwa situs Anda adalah situs yang memberi informasi yang berguna sehingga tidak segan untuk memberi posisi terbaik di mesin pencari.

Lalu Lintas Refferal

Lalu lintas atau traffic yang masuk ke sebuah website tidak hanya berasal dari pencarian di mesin pencari saja melainkan bisa juga berasal dari backlink. Sebuah link tunggal pada situs yang populer bisa menghasilkan traffic yang banyak apalagi jika traffic dari situs populer itu sendiri sudah banyak.

Direktori Jangka Panjang

Internet merupakan sesuatu yang bisa diakses hingga kapan saja. Akan selalu ada orang yang melakukan akses informasi ke internet. Bayangkan jika Anda mendapat backlink dari situs populer. Berapa jumlah traffic yang akan Anda dapatkan setiap tahunnya? Puluhan? Ratusan? Selama website tersebut masih masih ada maka traffic tersebut akan selalu ada peluangnya.

Memungkinkan Berada di Posisi Terbaik dalam SERPs

Manfaat yang selanjutnya adalah memungkinkan untuk mendapatkan posisi yang paling baik di mesin pencari. Semakin tinggi otoritas sebuah situs yang melakukan tindakan backlink kepada kita maka akan semakin besar peluang kita untuk menempati posisi di mesin pencari.

Brand Awareness yang Bagus

Secara tidak langsung, backlink juga menciptakan brand awareness di benak pengguna. Ketika sebuah situs berada di halaman satu Google maka pengunjung akan mengingat sebagai sebuah situs yang dikelola dengan baik dan juga profesional.

Nah itulah manfaat backlink untuk sebuah situs. Semoga, dengan adanya pembahasan yang satu ini bisa membuat website Anda berada di halaman satu Google karena backlink yang berkualitas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image