Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Rumah Tumbuh, Solusi Bangun Rumah Tetapi Dana Terbatas

Gaya Hidup | Thursday, 14 Apr 2022, 07:27 WIB

Membangun rumah impian dari awal hingga benar-benar selesai tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Padahal mengumpulkan uang dalam jumlah banyak bukanlah sesuatu hal yang mudah. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa dalam membangun rumah impian tidak harus selesai dalam satu waktu akan tetapi Anda bisa membangunnya secara bertahap. Lantas bagaimana cara membangun rumah tumbuh? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Orientasi ke Depan

Ketika memutuskan untuk membangun rumah secara bertahap, pastikan untuk menyusun konsep rumah hingga akhir rumah tersebut jadi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa-apa saja yang perlu dipersiapkan. Jika saat ini belum mempunyai anak, ke depannya pasti akan memilikinya sehingga ruang tidur anak bisa dipersiapkan sejak awal.

Mempersiapkan Infrastruktur

Apabila lahan yang akan dibangun rumah memiliki ukuran luas, mempersiapkan infrastruktur sejak awal tidak begitu penting. Akan tetapi jika Anda berencana untuk membangun rumah di atas tanah yang tidak terlalu luas maka sebaiknya siapkan infrastrukturnya sejak awal seperti kolom dan pondasi. Ketika ke depannya ada rencana untuk membangun rumah bertingkat, siapkan pondasi dan kolom yang kokoh.

Di samping itu, persiapkan juga sarana utilitas secara matang jika ke depannya rumah yang dibangun akan mengalami perkembangan seperti kapasitas tampung pembuangan limbah dan ukuran pipa saluran airnya.

BACA JUGA: hal yang harus diperhatikan saat renovasi rumah

Memprioritaskan yang Lebih Penting

Membangun rumah secara bertahap harus dilakukan secara tepat. Untuk tahap awal, bangun bagian rumah yang memiliki fungsi-fungsi penting seperti kamar tidur, dapur dan ruang tamu. Hindari untuk membangun bagian yang tidak terlalu penting seperti meningkat rumah karena akan memakan biaya besar.

Menggunakan konsep rumah tumbuh ini bisa membuat Anda memiliki rumah dengan segera. Tentunya jasa bangun rumah yang mengerjakan proyek juga harus berpengalaman dan profesional untuk meminimalisir kesalahan kerja yang bisa berimbas pada pembengkakan biaya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image