Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Putri Zaman

Ishtar Gate: Bangunan Kuno untuk Dewi Cinta

Sejarah | Monday, 19 Apr 2021, 23:02 WIB
https://www.instagram.com/p/CK_IijWrOVl/?igshid=dfxg6azuz2f1)" />
Potret Gerbang Ishtar, Sumber : https://www.instagram.com/p/CK_IijWrOVl/?igshid=dfxg6azuz2f1)

Pada tahun 575 SM, Gerbang Ishtar dirancang sebagai gerbang terbesar ke delapan yang masuk ke Kota Babilonia. Sebenarnya, Gerbang Ishtar ini sudah ada sejak tahun 1930. Kemudian, menjadi salah satu koleksi Museum Pergamon di Berlin. Gerbang yang merupakan bagian dari tembok Babel ini konon pernah termasuk ke dalam tujuh keajaiban dunia. Namun pada masa abad pertengahan posisinya tergantikan oleh Lighthouse of Alexandria.Struktur dasar Gerbang Ishtar dibangun oleh Raja Nabopolassar (626-605 SM) dan disempurnakan lagi di zaman Raja Nebuchadnezar II. Pembangunan ini dilakukan oleh Nebuchadnezar atas nama dewi ishtar. Meskipun Ishtar, dewi Babilonia cinta, kesuburan, dan perang, hanyalah salah satu dewa yang terkait dengan gerbang, namanya telah menjadi salah satu yang terkait dengannya.

Raja memasang plakat di gerbang yang menjelaskan : "Aku meletakkan banteng liar dan naga yang garang di gerbang dan menghiasi mereka dengan kemegahan mewah sehingga orang-orang mungkin menatap mereka dalam keajaiban"

Pada tahun 1902-1904, Robert Koldewey dan Walter Andrae, dua arkeolog Jerman pergi ke Babilonia pada bulan Maret 1899 untuk melakukan penggalian yang memakan waktu hingga 15 tahun. Arkeolog mengumpulkan puluhan ribu fragmen dari Gerbang, cukup untuk mengisi 900 kotak. Tetapi kemudian bencana melanda. Pada tahun 1914, penggalian tersebut harus terhenti, tim terpaksa mengevakuasi dan meninggalkan temuannya karena Perang Dunia I 1914. Fragmen-fragmen pun akhirnya diangkut ke Universitas Porto di Portugal.

(Sumber : https://www.instagram.com/p/CLGt2QFgaQA/?igshid=rryjcvjwenov)" />
Potret arkeologi patung binatang di dinding Gerbang Ishtar di Babilonia (Sumber : https://www.instagram.com/p/CLGt2QFgaQA/?igshid=rryjcvjwenov)

Pada tahun 1926, Andrae berhasil mengirimkan kotak ke Berlin. Dia mengambil keputusan berani untuk merekonstruksi bagian luar dari Gerbang Ishtar. Proyek dimulai pada tahun 1928, menyortir dan memotong bersama fragmen adalah tantangan paling menakutkan tim. Pada tahun 1930, mereka akhirnya berhasil menyelesaikan 30 singa, 26 banteng dan 17 naga.

Buku The Excavations at Babylon karya Robert Koldewey, menyebutkan bahwa Gerbang Ishtar memiliki tiga pintu masuk, pintu tengah dengan empat pintu, satu di kanan, dan satu di kiri, masing-masing dengan pintu ganda. Dengan dindingnya yang masih berdiri setinggi 12 meter, ditutupi dengan relief batu bata berwarna biru juga dihiasi dengan penggambaran binatang yang fantastis.

Hiasan dinding Gerbang Ishtar terdiri dari sosok simbol banteng dan naga yang bergantian. Mereka ditempatkan dalam baris horizontal di bagian dinding yang terbuka untuk pengamatan oleh mereka yang masuk atau lewat. Masing-masing representasi hewan menempati ketinggian 13 lapangan bata. Dan diantara mereka ada di jalur datar, sehingga jarak dari kaki satu ke kaki berikutnya adalah 24 jalur.

https://www.instagram.com/p/CLGt2QFgaQA/?igshid=rryjcvjwenov)" />
Singa, hewan ishtar (Sumber : https://www.instagram.com/p/CLGt2QFgaQA/?igshid=rryjcvjwenov)

Konsep artistik sirrush sangat berbeda dari makhluk luar biasa lainnya dimana seni Babilonia begitu kaya. Meskipun tidak bebas dari kemustahilan, ia jauh lebih fantastis dan tidak wajar dibandingkan dengan banteng bersayap dengan kepala manusia atau pria berjanggut dengan tubuh burung dan ekor kalajengking dan keanehan serupa lainnya. Seperti yang ditunjukkan oleh nama Babilonia ini adalah Ular Berjalan

Gerbang Ishtar ini berfungsi sebagai pintu masuk utama ke kota Babylon. Kontruksinya dibuat megah untuk memperlihatkan kekuatan dan kejayaan restorasi Nebuchadnezar. Gerbang ini merupakan harta karun tak ternilai bangunan warisan sejarah peradaban kuno pada masa Kerajaan Babilonia Peradaban Mesopotamia. Kini, bangunan warisan Babilonia tersebut terdapat di Hillah, Irak. Rekontruksi Gerbang Ishtar telah disusun di Museum Pergamon, Berlin, yang menunjukkan kekaguman Barat terhadap Peradaban Kuno Babilonia.

DAFTAR PUSTAKA

Koldewey, Robert. The Excavations at Babylon. Macmillan and CO, Limited ST. Martin's Street, London. 1914

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image