Mi Atep Kuahnya Bikin Nagih

Image
Yudha Manggala P Putra
Kuliner | Friday, 16 Apr 2021, 16:42 WIB

Pelesiran ke Pulau Belitung rasanya kurang lengkap bila belum mencicipi makanan yang satu ini. Mi Atep, mi kuning dengan kuah khas menggelitik lidah, yang hanya bisa ditemui di Jalan Sriwijaya, Kota Tanjung Pandan.

Sekilas, hidangan yang disajikan di atas piring ini tidak terlihat terlalu istimewa. Cara menyuguhkannya pun tergolong sederhana. Anda bisa menemukan gulungan mi kuning yang dipadukan udang rebus, irisan kentang dan ketimun, juga emping melinjo dalam satu porsinya.

Nah, kunci kelezatan mi khas Belitung ini terletak pada kuahnya. Berasal dari kaldu udang asli, lelehan kental berwarna kecokelatan ini terasa gurih menggerayangi lidah. Sekali seruput, Anda bisa ketagihan. Hmmm

Untuk bisa menikmati Mi Atep tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Satu porsinya dibanderol Rp 12 ribu.

Mi yang resepnya dipertahankan turun-temurun sejak tahun 1973 ini juga bisa lho dibawa sebagai oleh-oleh. "Asal mi dan kuahnya dipisah lalu dihangatkan," kata pemilik kedai, Nyonya Atep, 69 tahun.

Oh ya, setelah menyantap Mi Atep paling enak minumnya Es jeruk kunci. Terbuat dari jeruk kecil asam, minuman yang jadi andalan di kedai milik Nyonya Atep ini rasanya dijamin menyegarkan. Segelasnya dihargai Rp 6.000 saja.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pewarta. Penggemar olah-canda. Penikmat musik dan film. Peminum kopi. Penyuka mi ayam. Pemula yang masih butuh belajar banyak hal.

Tepuk Jidat

Secangkir Kopi untuk Seteru

Artikel Lainnya

Image

Kewajiban Orang Tua (ORTU) & Para Pendidik

Image

5 Pertanda kamu sedang mengalami quarter life crisis

Image

Orientasi Bisnis Bank Syariah

Image

Peluk Virtual, Tradisi di Masa Pandemi

Image

Memeluk Pagi

Image

Investasi Reksa Dana Butuh Kesabaran

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image