Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Kultum Ramadan :Tiga Amalan Yang Super Ringan oleh Aiga Georgia

Eduaksi | Monday, 11 Apr 2022, 16:13 WIB

Bulan ramadan adalah bulan yang paling istimewa diantara bulan-bulan yang lainnya, saking istimewanya siapapun yang mengerjakan kebaikan atau beribadah pasti Allah lipatgandakan pahalanya dengan nilai yang begitu tinggi. Sehingga bulan ramadan ini adalah Golden TIme untuk kita umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Ada 3 amalan ringan yang enteng banget tapi pahalanya gede banget. Meskipun kita sibuk dengan kehidupan kita sampai tidak sempat membaca Al-Qur’an dan melakukan sholat sunnah. Tapi kita masih punya kesempatan untuk meningkatkan pahala kita.

1. Istighfar

Allah sangat suka dengan hambanya yang beristighfar

اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ

Rasulullah pernah menggambarkan sebesar apa kebahagiaan Allah terhadap hambanya yang bertaubat. Ternyata Allah sangat bahagia, saking bahagianya itu melebihi siapapun manusia yang pernah merasakan kebahagiaan dimuka bumi ini. Makanya alangkah lebih baik untuk diri kita agar memperbanyak Istighfar sebelum memulai hari-hari kita. Terlebih ketika kita memiliki banyak dosa kepada Allah, makanya kita perbanyak Istighfar semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan Allah meridhoi kegiatan kita.

2. Bertasbih

كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ ، حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

“Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan, dan disukai Allah yaitu “Subhanallah wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim” (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Agung).

Ketika timbangan dosa kita lebih berat daripada pahala kita, dengan kita memperbanyak bertasbih kepada Allah secara terus menerus maka InsyaAllah akan memperberat timbangan pahala kita.

3. Bersholawat

Siapasih yang butuh syafaat nabi? Siapa yang ngakunya cinta rasul tapi malah ga bersholawat?

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Allah dan malaikat saja bersholawat kepada nabi, lantas bagaimana dengan kita yang hanya seorang hamba malah tidak bersholawat kepada nabi. Sekali kita bersholawat kepada nabi, Allah akan membalas sholawat kita sebanyak 10 kali, semakin kita banyak bersholawat semakin mudah kita mendapatkan syafaat dari rasulullah.

Semoga kita bisa mengamalkan 3 amalan ini dengan istiqomah, sehingga kita bisa menjalani kehidupan ini dengan penuh berkah, wafat dalam khusnul khatimah dan memasuki jannah.

Sumber: Youtube Institut Daqu

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image