Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sulaiman nur Rahman

Strategi Pemasaran Digital Toko Online Yang Efektif

Bisnis | Sunday, 10 Apr 2022, 15:56 WIB

Berikut strategi pemasaran digital toko online yang efektif, supaya Anda tidak salah jalan saat memulai bisnis online. Sudah dipraktekkan oleh banyak pengusaha online sukses!

Strategi pemasaran digital toko online dianggap sebagai langkah awal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis online.

Pasalnya meski bisnis Anda sudah go online, tapi tidak menjalankan strategi pemasaran digital, maka jangan kaget kalau produk Anda tidak banyak dikenal bahkan tidak menghasilkan penjualan sedikitpun.

Nah, pemasaran digital adalah tahap yang bisa dijalankan supaya toko online Anda bisa menjangkau lebih banyak orang hingga terjadinya sales.

Berikut ini kami bagikan strategi pemasaran digital toko online yang sudah dipraktekan oleh pebisnis online sukses.

Miliki Semua Platform Digital Populer

Tidak ada cara lain untuk meningkatkan penjualan baik toko offline maupun online, kecuali dengan mendatangkan banyak traffic ke toko Anda. Tentu saja, karena bagaimana produk Anda akan terjual jika tidak ada yang datang ke toko?

Solusinya, perbanyak traffic dengan membuat banyak platform digital yang populer, seperti berikut.

● Website

● Aplikasi

● Sosial Media (Tiktok, Instagram, Facebook dsb)

Strategi Pemasaran Digital Toko Online Via Website

Website adalah platform digital yang ampuh sejak dulu hingga sekarang. Mudah saja, Anda bisa lihat bagaimana e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, hingga Amazon, bisa sebesar dan se terkenal sekarang, semua diawali dengan website.

Nah bagi Anda yang ingin buka toko online dengan website, tidak perlu ribet buat sendiri website, karena sudah banyak jasa web toko online yang menyediakan platform website lengkap.

Setelah memiliki website Anda bisa mulai memasarkannya dengan menjalankan strategi SEO (Search Engine Optimisation) atau menggunakan Google Ads untuk pemasaran digital. Kedua strategi tersebut membuat website Anda tampil di daftar pertama hasil pencarian. Jadi semakin besar peluang untuk mendapatkan penjualan via toko online.

Keunggulan lain, Anda juga bisa menyimpan database pelanggan dengan mudah. Fungsinya suatu saat Anda punya produk baru, sedang ada event, diskon dan sebagainya, Anda bisa dengan mudah menyebarkan informasinya via notifikasi website, email atau nomor whatsapp pelanggan.

Anda juga tidak perlu keteteran untuk mencatat jumlah pesanan, catatan pelanggan, jenis produk dan hal lain, karena melalui website pesanan akan dikelompokkan dengan mudah. Anda bisa mengeceknya di menu penjualan khusus dan mempersiapkan pengirimannya.

Jasa web toko online bisa diandalkan untuk mendapatkan website yang terbaik. Dibandingkan Anda belajar sendiri secara otodidak, dikhawatirkan bisnis Anda akan terbengkalai.

Strategi Pemasaran Digital Toko Online Via Aplikasi

Menyambung dari langkah sukses e-commerce terbesar di Indonesia dan dunia, ada platform lain yang diandalkan yaitu dengan aplikasi. Aplikasi punya keunggulan tersendiri dibandingkan website, pasalnya aplikasi memungkinkan pengguna untuk selalu menyimpan toko online Anda di hp mereka.

Selain itu proses transaksi di aplikasi juga cenderung lebih cepat, apalagi pelanggan tidak perlu mengetik toko online Anda, alias tinggal membuka aplikasi yang sudah diinstal di smartphone mereka.

Toko online yang menggunakan aplikasi akan lebih bisa mendapatkan repeat order yang tinggi. Karena ketika mereka telah menginstal aplikasi, artinya pelanggan telah mempercayai toko online Anda sebagai yang terbaik dibandingkan kompetitor.

Jadi website bisa membuat bisnis online Anda mudah ditemukan, lalu aplikasi bisa membuat pelanggan Anda semakin loyal.

Strategi Pemasaran Sosial Media

Media sosial saat ini bisa dimaksimalkan menjadi platform toko online. Bahkan hampir semua media sosial sudah memiliki fitur toko, seperti IG Shop, Tiktok Shop dan Facebook Marketplace.

Media sosial juga dianggap sangat powerfull karena, hampir setiap penggunanya bisa melihat toko online kita dengan mudah. Anda cukup membagikannya melalui pesan, link atau tag.

Anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai toko online yang efektif. Seperti dengan memberikan review dan menyertakan link atau cara pembeliannya.

Selain itu ada fitur sosial media ads atau fitur promosi berbayar yang bisa membuat toko online Anda bisa disebarkan sesuai dengan target pelanggan yang diinginkan. Ya, media sosial memang sudah secanggih itu.

Anda bisa menentukan target pelanggan seperti lokasi, rentang umur, jenis kelamin, ketertarikan dan hal spesifik lain. Bahkan mereka juga menyimpan data iklan Anda. Jadi suatu saat data tersebut bisa digunakan untuk kepentingan retargeting dan hal penting lainnya.

Buat Konten Yang Efektif Untuk Pemasaran

Jika Anda sedang menjalankan toko online, konten bisa dianggap sebagai ujung tombak penjualan, layaknya karyawan marketing di toko offline. Pasalnya konten Anda sangat berpengaruh kepada performa toko online.

Di era sosial media, konten yang menarik bisa mempercepat pertumbuhan bisnis, karena efek viral. Karena umumnya konten yang menarik akan disebarluaskan secara massif oleh pengguna media sosial. Sehingga sangat penting memperhatikan jenis konten yang dipublikasikan di media sosial toko online Anda.

Berikut beberapa contoh konten yang efektif untuk strategi pemasaran digital toko online.

Konten cerita / testimoni

Tipe konten ini adalah menampilkan cerita yang berkaitan tentang bisnis atau produk toko online Anda. Misalnya cerita awal membangun bisnis atau mendesain produk, sehingga pelanggan bisa lihat bahwa produk Anda dibuat secara khusus, aman dan dengan bahan terbaik.

Pilihan lainnya adalah cerita testimoni. Anda bisa meminta pelanggan yang sudah menggunakan produk untuk berbagai pengalaman setelah menggunakannya. Beberapa pernyataan seperti:

● Apa yang dirasakan setelah menggunakan produk

● Apa manfaat dari produk barang atau jasa Anda

● Perubahan yang dialami, misalnya produk kecantikan atau kenaikan omset

● dsb

Konten tips

Jenis konten tips adalah berusaha memberikan edukasi kepada publik atau dengan cara memadukan langkah-langkah tersebut menggunakan produk Anda.

Misalnya produk tentang obat lambung, Anda bisa memberikan cara untuk menjaga kesehatan lambung dengan pola makan dan istirahat. Kemudian disisipkan untuk minum produk lambung Anda untuk membantu menyembuhkan penyakit lambung.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image