Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kemis Pahing

Keutamaan dan Keistimewaan Ramadhan bagi Umat Islam

Agama | Sunday, 10 Apr 2022, 01:36 WIB

Ramadhan adalah bulan suci yang istimewa penuh dengan kemuliaan dan berkah yang sayang untuk dilewatkan.

Apalagi banyak keutamaan dan keistimewaan Ramadhan, sehingga bisa menjadi waktu terbaik bagi umat Islam untuk memperbaiki diri dan meningkatkan keimanannya.

Keutamaan Ramadhan

Di bawah ini adalah poin-poin tentang keutamaan bulan Ramadhan, sebagaimana yang disabdakan Nabi Muhammad SAW dalam sabda berikut:

انُ اللهِ لُهُ لَى ائِرِ الشُهُوْرِ لِ اللهِ لَى لْقِهِ

Artinya: Ramadhan adalah bulan Allah. Keutamaan-Nya atas bulan-bulan lainnya adalah seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya. (Syekh Nasr ibn Muhammad as-Samarqandi, Tanbihu-i Ghafilin fi Ahaditsi Sayyidil-I Anbiyai wal Mursalin, Daru-I Kutubi-I Ilmiyyah, hal.186).

Setidaknya ada 3 keutamaan bulan Ramadhan yang tidak dimiliki bulan-bulan lainnya.

Baca Selengkapnya...

1. Hadiah digandakan

Keutamaan pertama bulan Ramadhan adalah banyak pahala yang berlipat ganda dari Allah untuk diberikan kepada umatnya yang melakukan perbuatan baik.

Allah berfirman dalam Hadits Qudsi, “Setiap perbuatan baik yang dilakukan anak Adam akan dilipat gandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali kecuali puasa, karena puasa adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalas mereka yang telah menahan nafsunya, makan, dan minum. ." minum karena aku."

2. Doa terkabul

Selain berkah pahala, bulan Ramadhan merupakan momen terbaik untuk memperbanyak doa karena peluang dikabulkannya cukup besar.

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: Orang yang berpuasa sampai berbuka, Pemimpin yang adil, dan Sholat orang yang dizalimi.” (HR. Tirmidzi: HR. Hasan).

3. Bulan Ramadhan adalah bagian dari rukun Islam

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam di antara kewajiban-kewajiban yang diwajibkan Allah SWT. Allah SWT telah menjadikan puasa termasuk dalam rukun Islam yang keempat. Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda:

“Islam dibangun di atas lima (tiang); bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan shalat, membayar zakat, puasa di bulan Ramadhan, dan naik haji ke Bait Allah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Keistimewaan Ramadhan

Selanjutnya masih tentang keutamaan dan keistimewaan Ramadhan. Berikut ciri-ciri bulan Ramadhan yang perlu Anda ketahui.

1. Ramadhan bulan pengampunan dosa

Dijelaskan dalam khutbah bahwa salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah bulan ampunan untuk menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan sebelumnya.

Seorang muslim yang berpuasa dengan ikhlas, menahan panas, lapar dan haus, maka panasnya puasa menjadi simbol untuk membakar dosa-dosanya.

2. Al-Qur'an diturunkan

Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi umat Islam, bahkan di dalamnya terdapat malam lailatul qadar, yaitu malam terbaik dari seribu bulan.

Keistimewaan ini ada dalam firman Allah, “Maka barang siapa di antara kamu ada (di negeri tempat tinggalnya) pada bulan itu, hendaklah dia berpuasa.” (Surat Al-Baqarah, Ayat 2: 185).

3. Pintu surga terbuka

Bulan suci Ramadhan yang penuh kemuliaan dan berkah merupakan pertanda bahwa semua pintu surga terbuka, pintu neraka tertutup, bahkan setan-setan pun terbelenggu.

Selain itu, Allah juga melindungi manusia dari perilaku tercela dan keji, sehingga lebih banyak melakukan amal shalih untuk menghapus dosa.

Keutamaan dan keistimewaan Ramadhan tentunya hanya bisa dirasakan sepenuhnya oleh orang yang berpuasa dalam keadaan beriman dan ihtisab, yakni mengharap ridha Allah SWT.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image