Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mustakim ID

Contoh Artikel yang Baik dan Benar

Sastra | Friday, 08 Apr 2022, 09:52 WIB

Contoh Artikel yang Baik dan Benar - Artikel adalah karangan yang ditulis secara faktual dengan jumlah kata tertentu dan bertujuan untuk dipublikasikan di media cetak dan online. Saat ini, kebanyakan orang memilih untuk mempublikasikan artikel mereka di media online, seperti blog.

Hampir semua orang bisa dikatakan bisa menulis, namun tidak semua orang bisa disebut penulis. Banyak Contoh Artikel yang beredar di media online ditulis seenaknya dan memiliki tujuan utama mendatangkan pengunjung.

Biasanya artikel seperti itu dibuat dengan melebih-lebihkan judul sehingga bombastis dan pembaca tertarik untuk mengklik tulisan tersebut, namun konten dalam artikel tersebut kualitasnya sangat buruk. Padahal artikel harus mengandung ide-ide yang mendidik, menarik dan menginspirasi pembaca.

Oleh karena itu, mari kita belajar membuat artikel yang baik dan benar dengan mengenali apa sebenarnya poin-poin membuat artikel dengan kategori yang diinginkan pembaca. Berikut adalah unsur-unsur artikel yang baik dan benar:

Judul

Buatlah judul artikel Anda dengan persiapan yang matang, hal ini diperlukan untuk menarik kesan pembaca dan agar pembaca dapat memahami poin-poin penting dari isi artikel yang Anda tulis.

Judulnya tidak harus bombastis seperti kebanyakan judul berita hoax yang ditulis di blog berita. Anda dapat membuat judul yang sederhana dan menarik yang akan menggerakkan pembaca untuk membaca isi artikel Anda. Jadi pilihlah judul yang mewakili seluruh isi artikel Anda.

Pengantar

Pendahuluan artikel merupakan kalimat pembuka artikel yang diharapkan dapat memberikan kesan yang menarik dan juga dapat menjelaskan intisari atau ide yang ingin disampaikan. Pengantar yang baik dalam pendahuluan yang dapat menarik pembaca untuk terus membaca isi artikel sampai akhir.

Isi

Konten adalah bagian terpenting dari artikel. Bagian ini berisi penjelasan rinci tentang ide dan ilustrasi/contoh. Pembahasan dalam batang tubuh berisi fakta dari yang paling penting sampai yang paling rendah dan ditulis secara berurutan. Anda dapat menyebut urutan ini Piramida Terbalik.

Kesimpulan

Kesimpulan adalah kalimat pendek yang mewakili gagasan yang disampaikan dalam artikel. Jadi, keempat komponen artikel di atas bisa Anda terapkan untuk membuat artikel yang baik dan benar.

Demikian ulasan tentang Contoh Artikel yang Baik dan Benar semoga bermanfaat. Dapatkan informasi menarik kaya gini di blog kang Mustakim. Kamu akan temukan banyak jawaban dari pertanyaan soal buku, artikel dan dunia jurnalistik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image