Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rina Harwati

Kepala Madrasah dan Kepala Perpustakaan de'Talenta Lib MTsN 6 Bantul Ikuti Bimtek E-Library

Eduaksi | Thursday, 07 Apr 2022, 13:20 WIB

Bantul (MTsN 6 Bantul) - Bertempat di gedung Erlangga Yogyakarta pengelola perpustakaan de'Talenta Lib MTsN 6 Bantul mengikuti bimtek perpustakaan digital yang diselenggarakan oleh K2M Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta (6/3). Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini di antaranya adalah memberikan wacana bahwa dunia digital lebih mudah dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk kebutuhan pustaka. Selain itu, peserta bisa melakukan praktik cara menginstal aplikasi perpustakaan digital. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul dalam sambutannya mengatakan dalam rangka menyukseskan 7 program prioritas Kementerian Agama RI di antaranya adalah madrasah digital. “Setiap perpustakaan di madrasah harus berbasis digital, sehingga mudah diakses oleh siswa, guru, dan masyarakat di manapun berada untuk meningkatkan minat baca dan menyukseskan transformasi layanan digital," ungkap Aidi.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Seksi Dikmad Kabupaten Bantul Ahmad Musyadad menjelaskan bahwa kegiatan bimtek merupakan sebuah usaha nyata bagi para pengelola perpustakaan madrasah agar bisa menerapkan perpustakaan digital. “Perpustakaan digital madrasah dapat berupa penerapan kepada membaca melalui ponsel oleh para siswa," jelas Musyadad. Sementara itu, Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah juga memberikan dorongan agar supaya perpustakaan dan pengelolanya bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. "Selain itu pemanfaatan teknologi sebaiknya perpustakaan juga digunakan secara bijak untuk meningkatkan kecakapan literasi", tambah Mafrudah.

Bertindak sebagai trainer pada kegiatan bimtek perpustakaan digital adalah Ary Iskandar selaku kepala Marcom PT Erlangga Yogyakarta. Sebuah aplikasi berbasis internet dikenalkan kepada sekitar 40 peserta bimtek perpustakaan digital. Selain itu, peserta juga dibimbing untuk membuat akun pengelola perpustakaan dan pembuatan akun siswa sebagai pemustaka. “Aplikasi perpustakaan yang berbasis digital tersebut memberikan kemudahan layanan kepada pemustaka untuk mencari buku bacaan secara digital baik membacanya langsung ataupun dengan proses peminjaman dan pengembalian buku secara digital. Dengan memberikan tawaran buku elektronik dan dan segala fasilitas yang digunakan untuk mengakses buku elektronik tersebut penerbit Erlangga memberikan solusi agar para siswa di madrasah khususnya bisa mengakses bahan pustaka melalui ponsel yang berbasis android. Para siswa bisa mengakses fasilitas tersebut dengan cara mendaftarkan akun terlebih dahulu kemudian mereka bisa membaca langsung atau meminjam buku dengan pengelola perpustakaan. Aplikasi ini ringan karena tidak memakan memori di HP atau di ponsel mereka karena ruangan maya ditanggung oleh pihak Erlangga", papar Ary. (ely/rin)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image