Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Masyarakat Bercerita

Melihat Petilasan dan Patung Hayam Wuruk di Mojokerto

Sejarah | Monday, 04 Apr 2022, 18:08 WIB
patung hayam wuruk didepan petilasan hayam wuruk ( sumber gambar : dokumen pribadi )

Mojokerto adalah tempat dimana Kerajaan Majapahit berdiri, banyak peninggalan Majapahit yang berada di Mojokerto, Hayam Wuruk adalah tokoh raja yang membawa nama Kerajaan Majapahit dikenal di seantero nusantara, bersama Gajah Mada, Hayam Wuruk melaju sebagai raja yang disegani.

Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur tepatnya di Mojokerto, yang pernah berdiri dari sekitar tahun 1293 hingga 1550 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya yang menguasai wilayah yang luas di Nusantara pada masa kekuasaan Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350 hingga1389. Kerajaan Majapahit adalah termasuk kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang menguasai Nusantara dan dianggap sebagai salah satu dari negara atau kerajaan terbesar dalam sejarah Menurut Negarakertagama, kekuasaannya terbentang di Jawa, Sumatra,Malaya, Kalimantan, hingga hampir seluruh Indonesia

pada masa pemerintahan raja Hayam Wuruk dengan Mahapatihnya Gajah Mada, kerajaan Majapahit telah sampai pada puncak kebesaran dan keemasannya. Pada masa itu, daerah pengaruh kerajaan Majapahit meliputi hampir di seluruh nusantara

Di desa Panggih, Trowulan Mojokerto terdapat patung Maharaja Sri Rajasanagara, julukan beliau Hayam Wuruk, dibangunnya patung tersebut oleh masyarakat didepan Petilasan beliau. didepan situs Petilasan Hayam Wuruk patung beliau berdiri sebagai wujud masyarakat dalam uri-uri budaya Majapahit.

Banyak masyarakat yang datang berkunjung ke Petilasan beliau, fasilitas disana juga lengkap, mulai dari tempat parkir, kamar mandi dan musholla, terdapat ukiran-ukiran pasukan Majapahit di dinding petilasan, tempatnya yang sejuk mendukung suana indah petilasan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image