Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Kultum Ramadan: Golongan yang Dirindukan Surga

Eduaksi | Monday, 04 Apr 2022, 14:07 WIB

Setiap orang pasti ingin masuk ke surga, betul?

Surga tempat yang kita damba-dambakan, tempat yang kita impi-impikan, akan menjadi tempat yang terakhir setelah dunia berakhir. Tak sedikit dari kita yang berjuang ingin masuk ke surga, mengorbankan jiwa dan raga, tahta dan segalanya hanya untuk bisa masuk ke surga.

Bahkan seorang pendosa sekalipun tujuan akhir yang diharapkannya adalah surga. Namun disamping kita yang selalu merindukan surga, ternyata surga juga merindukan sebagian golongan dari kita selaku manusia.

Siapakah golongan-golongan tersebut? Rassulullah Sallallahu Alaihi Wassalam bersabda:

الْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى أَرْبَعَةِ نَفَرٍ : تَا لِى الْقُرْانِ, وَحَافِظِ اللِّسَانِ, وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ, وَصَا ئِمٍ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ

Artinya, surga itu merindukan empat golongan manusia, yaitu orang yang gemar membaca Al-Qur’an, orang yang senantiasa menjaga lisan dari ucapan-ucapan yang mencaci atau menyebar kebencian, orang yang memberi makan orang lain yang sedang lapar dan orang yang menjalankan puasa ramadhan.

1. Taalil Qur’an

Siapakan orang yang merupakan golongan Taalil Qur’an? Yaitu golongan orang-orang yang gemar membaca Al-Qur’an. Bahkan tak hanya selalu membaca Al-Qur’an, mereka juga selalu memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Waktunya adalah Al-Qur’an mereka tak pernah luput dari Al-Qur’an sehingga selain mendapat kerinduan dari surga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan jaminan kepada mereka berupa ketenangan dalam hati mereka, sesuai dengan firman Allah dalam QS. Ar-Rad ayat 28

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ

Artinya “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

2. Orang yang menjaga lisan

Golongan orang-orang yang dirindukan oleh surga adalah orang yang menjaga lisan menjaga lisan dari apa? Menjaga lisan dari perbuatan-perbuatan, perkataan-perkataan yang kotor yang tidak baik seperti ghibah, menghujat, mencaci maki dan lain sebagainya. Bahkan Rasulullah ﷺ menjelaskan “Orang yang menjaga lisan termasuk kedalam ciri-ciri orang beriman.” sesuai dengan sabdanya :

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِااللّهِ وَ الْيَوْمَ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا اَوْ لِيَصْمُتْ

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata baik atau diam.”

Kenapa orang yang menjaga lisan dihadiahkan oleh Allah berupa kerinduan surga?

Karena untuk menjaga lisan adalah tidak mudah, betul? Terkadang kita tidak menyadari perkataan kita, ucapan kita menyakiti hati orang lain. Oleh karena itu orang yang menjaga lisan dirindukan oleh surga.

3. Orang yang memberi makan orang yang kelaparan.

Seperti yang kita ketahui, makhluk hidup termasuk manusia membutuhkan makanan. Makanan yang dikelola oleh tubuh menjadi sumber energi, menjadi kekuatan sehingga kita bisa beraktifitas dan beribadah kepada Allah. Adakalanya kita sulit mencari makanan karena faktor ekonomi namun adakalanya juga Allah memberikan beribu-ribu nikmat yang bisa kita berikan kepada orang lain. Oleh karena itu orang yang memberi makan orang yang kelaparan itu dirindukan oleh surga.

4. Orang yang berpuasa di bulan ramadhan

Alhamdulillah untuk kita yang sedang melakukan puasa ramadhan. Semoga kita masuk kedalam golongan orang-orang yang dirindukan surga sehingga kita bisa masuk ke dalam surganya Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image