Ramadhan Bulan Literasi

Ulasan  
Bulan Ramadhan adalah bulan turunnya al-Qur'an. Kaum Muslim memperbanyak membacanya pada bulan ini.

Bulan Ramadhan, telah tiba. Di dalamnya mengandung keutamaan yang tak terbatas. Salah satu dari keutamaannya adalah disebut sebagai syahr al-Qur’an. Hal ini disebabkan karena al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan, sebagaimana firman Allah Ta'ala:

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” (Al Baqarah [2]: 185).

BACA JUGA: Kedudukan Shalat Sangat Penting dalam Islam, Jangan Sepelekan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Prof. Dr. Wahbah Zuhaili dalam Tafsir Al-Wajiz menjelaskan bulan Ramadhan diistimewakan dengan turunnya al-Qur’an pada malam lailatul qadar. Al-Qur’an turun dalam satu jumlah dari lauhil mahfudz ke langit dunia sebagai petunjuk bagi manusia dari kesesatan dan ayat-ayat muhkamat yang memberi penjelasan berupa hidayah Tuhan yang kuat, jelas, dan terang bagi akal sehat, yaitu pemisah antara yang haq dan bathil.

Sedangkan ayat pertama yang turun, sebagaimana diuraikan dalam hadits yang panjang di bawah ini, adalah surat al-Alaq [96] ayat 1 sampai 5. Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari (nomor 6982) dan Muslim (nomor 160) ini selengkapnya berbunyi:

Awal turunnya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) dimulai dengan ar ru’ya ash shadiqah (mimpi yang benar dalam tidur). Dan tidaklah Rasulullah SAW bermimpi kecuali datang seperti cahaya subuh. Kemudian beliau dianugerahi rasa ingin untuk menyendiri. Beliau pun memilih gua Hira dan ber-tahannuts, yaitu ibadah di malam hari dalam beberapa waktu.

Kemudian beliau kembali kepada keluarganya untuk mempersiapkan bekal untuk ber-tahannuts kembali. Kemudian beliau menemui Khadijah untuk mempersiapkan bekal. Sampai akhirnya datang Al Haq saat beliau di Gua Hira.

Malaikat Jibril datang dan berkata, “Bacalah!” Beliau menjawab, “Aku tidak bisa baca”. Rasulullah SAW menjelaskan, "Maka Malaikat itu memegangku dan memelukku sangat kuat, kemudian melepaskanku dan berkata lagi, 'Bacalah!'."

Rasulullah SAW menjawab, “Aku tidak bisa membaca”. Maka Malaikat itu kembali memegang Rasulullah SAW dan memeluknya sangat kuat, kemudian melepaskannya lagi dan berkata, “Bacalah!”. Rasulullah SAW menjawab: “Aku tidak bisa baca”.

BACA JUGA: Bayarkan Zakat Agar Terhindar dari SIfat Kikir

"Malaikat itu memegangku kembali dan memelukku untuk ketiga kalinya dengan sangat kuat lalu melepaskanku, dan berkata lagi, '(Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah)'." (Riwayat Bukhari no. 6982, Muslim no. 160).

Korelasi dari surat al-Baqarah [2] ayat 185 dengan hadits di atas cukup terang benderang. Bahwa surat al-Alaq [96] ayat 1-5 adalah surat yang pertama diturunkan di bulan Ramadhan. Di samping itu, juga menegaskan bahwa ayat pertama yang diturunkan tersebut berkenaan dengan perintah membaca dengan dimensi yang sangat luas. Sebab, kata Iqra’ dalam kamus memiliki beragam makna, yakni menyampaikan, menelaah, membaca, mendalami, meneliti, dan beberapa makna lainnya.

Syaikhul Azhar, Dr. Abdul Halim Mahmud, mengatakan, “Dengan kalimat iqra’ bismi Rabbik dalam kalimat dan semangatnya seakan mengatakan, bacalah demi Tuhanmu, bergeraklah demi Tuhanmu, bekerjalah demi Tuhanmu. Begitu pun ketika hendak berhenti dari aktivitas. Sehingga, segala kehidupan, sujud, cara dan tujuan seseorang dilakukan karena Allah.”

Dalam Li Yaddabbaru Ayatih/Markaz Tadabbur, Prof. Dr. Umar bin Abdullah bin Muqbil, Profesor Syariah di Universitas Qashim, menjelaskan bahwa, pada firman Allah iqra' bismi rabbikalladzi kholaq adalah isyarat yang mengajarkan bahwa kunci utama dari kemajuan dan perkembangan suatu peradaban (dalam pandangan Islam) adalah dengan ilmu pengatahuan, bukan pada kemajuan kekayaan dan kekuatan pertahanan.

BACA JUGA: Rusak Amanah Hilanglah Iman

Lebih jauh beliau menjelaskan bahwa اقْرَأْ atau "Bacalah" adalah kata pertama yang diwahyukan kepada Rasulullah SAW. Perhatikan isyarat yang terkandung di dalamnya dan susunan hurufnya, قراءة artinya membaca, رقي artinya meninggi, رقية artinya mengobati.

Dari tiga kata ini masing-masing memilki sejumlah huruf yang sama, dan maknanya pun saling berkaitan satu sama lainnya. Jadi قراءة mengandung makna pintu ilmu (membaca), dan itu merupakan sesuatu yang dapat meninggikan derajat seseorang.

Dengan demikian, sudah seharusnya umat Islam paham bahwa sejak awal turunnya al-Qur’an didesain dan diproyeksikan untuk menguasai ilmu pengetahuan dan itu artinya unggul dalam literasi. Kesadaran ini penting untuk diajarkan dan ditransformasikan kepada khalayak hingga menjadi syaksiyah islamiyah.

Parameternya jelas. Dapat dilihat sebagaimana dipraktikkan sejak zaman Rasulullah SAW, para sahabat, tabi’in, tabiut tabi’n, hingga abad pertengahan, di mana Islam menjadi pusat ilmu pengetahuan dan turunannya di berbagai bidang kehidupan saat itu.

Demikian halnya kita juga harus belajar, mengapa peradaban Islam bisa jatuh. Sejarah telah mencatat itu semua dengan lengkap, dari berbai perspektif. Bahkan, ketika Barat karena keterbelakangannya menyebut dirinya sebagai periode dark age, pada saat yang sama Islam berada pada golden age. Akan tetapi kita tidak bisa hanya bernostalgia atas kejayaan masa lalu. Kita mesti melihat realitas kekinian dan apa yang terjadi di masa depan.

Jika saat ini terjadi ketertinggalan yang jauh antara dunia Islam dengan Barat, maka kita tidak perlu menyalahkan keadaan. Kita mesti introspeksi, lalu bangkit. Banyak sarjana dan cendiawan Islam yang telah melakukan upaya itu semua dengan berbagai gagasan besar, disertai model dan tahapan yang bisa dirujuk. Pun berbagai kelompok yang juga melakukan upaya-upaya itu. Tidak usah saling merasa benar, harus sinergi dan saling melengkapi.

Siapapun kita, dan dalam kapasitas apapun juga, hendaknya kita harus memulai dari diri kita dan orang-orang di sekitar kita untuk melakukan revolusi diri, saat ini juga. Melakukan perbaikan terus menerus. Dan, Ramadhan ini adalah momentumnya.

Kita jadikan Ramadhan sebagai bulan literasi, hingga melahirkan aksi yang nyata. Jika ini istiqomah sepanjang masa, dan nawaitunya benar, bahwa semuanya sebagai bismirabbik, bukan bismi yang lain, Insya Allah pada gilirannya nanti, kita bisa mengubah keadaan, dan membuktikan serta mengembalikan peradaban Islam ini unggul dan menguasai dunia. Bukan hanya cerita, tetapi fakta.

Wallahu A’lam.

Penulis: Asih Subagyo | Instruktur pada Hidayatullah Institut

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image