Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

5 Cara Berdisiplin Dari Hal-Hal Yang Biasa Terjadi

Gaya Hidup | Friday, 01 Apr 2022, 06:24 WIB

Seringkali kita semua selalu mendengar kalau hidup ingin mendapatkan kesuksesan maka mesti disiplin. Kata ini agak sedikit menyeramkan sih tapi mau nggak mau ya mesti diikuti juga agar hidup kita bisa teratur dalam segala hal. Emang sih kadang orang banyak menyepelekan hal ini tapi semoga kita semua tidak. Kita pun mesti tahu ternyata dengan hidup berdisiplin maka semuanya takkan terbengkalai karena kita memperhatikannya.

Shalatlah tepat waktu

Salah satu cara yang ternyata mudah untuk mendisplinkan diri adalah dengan Shalat tepat waktu. Petunjuknya mudah sekali, ya kalo udah terdengar adzan maka itu adalah perintah Shalat. Shalat di awal waktu paling utama. Tetapi bukan itu saja, nyatanya kalau yang wajib ini bisa dilakukan dengan segera maka kita mo apa juga jadi tenang. Menghadap Allah sudah berarti dengan demikian pekerjaan lain akan lebih enjoy untuk dilakukan kemudian.

Kalau sudah lapar ya langsung makan saja

Nih gara-gara nggak disiplin dalam urusan makan, tak heran diantara kita semua ada yang kena penyakit maag dan gangguan lambung. Apa penyebabnya ? Karena salah satunya adalah makan tidak teratur. Jadi kalau sudah merasa lapar jangan sungkan-sungkan untuk segera makan kecuali lagi puasa wajib di bulan Ramadhan dan juga nggak ada makanan yang dimakannya. Jadi dengan makan secara teratur berarti sama juga kita berdsiplin menjaga kesehatan kita juga.

Kalo pengen pipis atau buang air besar segera pergi ke toilet

Terbayang dong bagaimana tersiksanya orang-orang yang selalu menahan pipis atau menahan buang air besar. Tersiksa kan, pastinya ? Oleh sebab itu nggak ada alasan lain kalau kita sudah didorong oleh hajat itu, ya langsung ke toilet aja. Selain akan membuat diri kita lega karenanya juga menghindari penyakit juga. Yang jelas kalau yang namanya kotoran ya harus segera dibuang bukan terus dipelihara sebab kalau dipelihara pun kayaknya tak ada artinya juga.

Segera tidur kalau memang sudah ngantuk

Kadang yang banyak dilupakan oleh sebagian adalah kalau tidur suka kemalaman. Itu sering disebabkan karena suka main game, nonton TV, ngobrol dengan teman bahkan suka begadang. Sebenernya kalau tidak penting-penting amat janganlah memaksakan. Sarannya satu, kalau sudah ngantuk ya tidur. Jadi sewaktu esok harinya bangun tidur tubuh jadi segar dan siap menjalankan aktivitas di hari itu. Kalau kurang tidur biasanya adalah malas.

Berdisplin menjadikan semuanya terlihat teratur (FOTO :Republika.co.id/Mashable)

Kalo ada hal yang harus dikerjakan, cepat kerjakan !

Hal ini yang tak kalah pentingnya. Nah kalau mau dibilangin orang baik makanya kalau ada pekerjaan langsung saja dikerjakan. Pembiasaan hal ini selain bisa hidup secara teratur dan ternyata menghasilkan pahala juga. Makanya biar segalanya maka jalan terbaik adalah secepatnya mengerjakan pekerjaan yang ada.

Nah itu saja yang pantas diperhatikan dalam soal disiplin ini. Jadi sebenarnya belajar disiplin itu bisa dilakukan dari hal yang biasa dilakukan. Dengan paham soal ini maka artinya akan mengerti juga jika mendisiplinkan diri dalam segala hal banyak sekali manfaatnya buat kehidupan yang dijalani selama ini.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image