Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Redaksi Online

Cara Membuat Peta Polygon untuk OSS Tanpa Ribet

Bisnis | 2022-03-29 11:21:14

Polygon OSS adalah File Polygon berformat SHP yang harus dipenuhi oleh skala usaha Non Usaha Mikro dan Kecil (Non UMK) untuk mengurus perizinan dalam OSS RBA.

Sesuai Ketentuan Pemerintahan Nomor 5 Tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Hal pemberian izin Usaha Berbasiskan Resiko, mekanisme electronic ini mempunyai tujuan untuk sederhanakan dan percepat proses hal pemberian izin usaha.

OSS-RBA atau Online Singgel Submission Risk-Based Approach (Hal pemberian izin Online Terintegrasi dengan Pendekatan Hal pemberian izin Berbasiskan Resiko) gantikan versus awalnya, yakni OSS 1.1. Sama sesuai namanya, OSS-RBA, ijin usaha akan dikeluarkan lewat pendekatan resiko. Aktor usaha perlu mengurusi hal pemberian izin sama sesuai tingkat resiko aktivitas upayanya. Sebagai contoh, aktivitas usaha beresiko rendah cuman membutuhkan Nomor Induk Usaha (NIB), dan aktivitas usaha beresiko tinggi membutuhkan NIB sekalian ijin usaha.

Bila pada mekanisme OSS versi awalnya, pengajuan ijin mekanisme OSS cukup hanya isi data dan menyertakan ijin Operasional sekolah dan IMB (untuk sekolah lama) dan isi data koordinat latitude dan longitude, karena itu ijin waktu itu langsung keluar dan dapat dilakukan tindakan di BKPM wilayah masing-masing. Berbeda hal pada OSS berbasiskan resiko (OSS RBA) yang di-launching di bulan agustus 2021 lalu yang disebut implikasi dari Undang-Undang Ciptakerja, di sini pemohon perlu mempersiapkan peta polygon.shp complete yang telah dikompres berbentuk zip.

Namun ada banyak pengguna yang belum tahu cara membuat peta polygon dengan format zip SHP.

Bila tidak ada peta polygon shp complete lantas bagaimanakah? Sudah pasti harus membuat lebih dulu. Karena bila tidak ada peta polygon, karena itu mekanisme akan ditolak secara automatis.

Langkah Membuat Peta Polygon OSS

1. Unduh program Qgis di sini https://www.qgis.org/en/site/

2. Sesudah di unduh, lalu install Qgis di PC anda;

3. Selanjutnya membuka google earth di Browser. Di sini kita akan membuat lebih dulu peta polygonnya;

4. Di goole earth, cari dahulu lokasi yang hendak dipetakan. Sebagai contoh, misalkan Sekretariat LP Ma'arif NU Pusat;

5. Sesudah diketemukan lokasinya pada google earth, lalu di zoom sedikit supaya lebih Terlihat terang, dan kemudian tentukan proyek;

6. Selanjutnya create proyek, dan tentukan create kml file;

7. Ubah nama proyek judul-nya sama sesuai nama yang kita harapkan;

8. Tentukan new fitur dan tentukan Draw Line Or Shape;

9. Di sini kita tetapkan batas batas tempat dari lokasi kita dengan tentukan beberapa titik sudutnya;

10. Sesudah ditetapkan batas tempat dari lokasi itu, selanjutnya save proyek;

11. Nach sesudah didapatkan batas tempat dari lokasi itu, kita export berbentuk KML file dan save;

12. Seterusnya kita membuka program Qgis yang telah sukses kita instal barusan untuk meng-convert file KML itu jadi SHP Complete;

13. Membuka program Qgis, tentukan Qgis Desktop 3.20.3

14. Sesudah program Qgis terbuka, lalu tentukan Layer, Add Layer, dan Add Vektor Layer;

15. Kemudian maka terbuka Data Source Manajer, disana kita click titik tiga untuk menambah file KML tadi kita unduh dari Google Earth lalu tentukan Add;

16. Selanjutnya bakal tampil gambar tadi telah kita petakan di Google Earth;

17. Pada nama file dilukis itu kita click kanan, lalu tentukan Ekspor, dan Save Fiturs As;

18. Sesudah ada penampilan Save As, kita tentukan formatnya ESRI Shape File;

19. Dalam menu titik tiga di File Name, kita tentukan tempat simpan file tersebut;

20. Kemudian, kita tentukan Oke, dan file SHP sukses di simpan;

21. Selanjutnya membuka tempat file itu disimpan. Tentukan file dengan pola.shp, selanjutnya click kanan dan add to archive dan tentukan zip lalu oke;

22. Nach, peta polygon dengan pola shp complete yang telah di kompres di zip siap di unggah di mekanisme OSS.

23. Selamat mempraktikkan.

Membuat Peta Polygon OSS Tanpa Ribet

SAH.co.id, platform jasa legalitas bisnis yang mencoba untuk membuat layanan jauh lebih terjangkau dan jauh lebih mudah diakses secara sederhana dan instan untuk UMKM Indonesia bisa membantu kamu membuat peta polygon untuk kebutuhan OSS dengan mudah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image