Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Proinov CNT

Jarang Digunakan, Ternyata Ini Cara Menyelesaikan Rubik 4x4!

Olahraga | Sunday, 27 Mar 2022, 06:02 WIB

Sangat biasa menemukan rubik ukuran 3x3, namun apajadinya jikakamu harus menyelesaikan rubik berukuran 4x4. Lewat tulisan ini, kamu akan sedikit berbagi tips sederhana menyelesaikan rubik 4x4 yang berantakan dengan rumus mudah dari Teknosia.

cara menyelesaikan rubik 4x4

Untuk menyelesaikan rubik 4 x 4 ada hal yang bisa dilakukan. Hal pertama adalah menentukan warna wajah. Pilihlah dua pusat yang saling berdekatan skema warnanya. Menghitung skema warna ini bisa dilakukan dari warna potongan sudut. Bisa menggunakan algoritma untuk menyelesaikan rubik yang sudah teracak. Saat menyelesaikan permukaan putih terlebih dahulu dan sudah selesai maka selanjutnya bisa membuat balok kuning 2 x 2 pada Sisi yang berlawanan dengan permukaan putih kemudian dipindahkan ke bawah.

Salah satu rumus yang bisa digunakan yaitu Rw U Rw dan juga Rw U2 Rw'. Selanjutnya tindakan pusat yang tadinya sudah selesai ke bagian kiri dan kanan supaya tidak menghalangi. Bangunlah blok pertama kemudian perhatikan skema warna blok berikutnya salah satu algoritma yang bisa digunakan dengan posisi pusat putih dan kuning di kiri dan kanan yaitu Rw U Rw'.

Berikutnya bisa dilanjutkan dengan memasang bagian tepi apabila blok bagian tengah sudah selesai. Ketika sudah mencapai 2 dua tepi terakhir maka bisa menggunakan trik R U 'B' R2 dengan catatan apabila potongan tidak sejajar dengan benar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image