Dari Ranah Minang Dewan Kopi Indonesia Ganti Ketua

News  
Ketua Dekopi Sumsel Zain Ismed (tengah) bersama Anton Apriyantono (kiri) Ketua Badan Pengawas Dekopi dan Rusman Heriawan (kanan) Ketua Umum Dewan Kopi Indonesia periode 2022-2026. (FOTO : Dok, Pribadi Zain Ismed)

KAKI BUKIT, Padang – Pertama kali sejak terbentuk 2018 Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) Pertama. Munas yang diikuti asosiasi dan organisasi anggota Dekopi dari seluruh Indonesia tersebut berlangsung, 25 Maret 2022 di bumi Ranah Minang.

Ketua Dekopi Sumatera Selatan Zain Ismed yang menghubungu Republika Network pada Munas I Dekopi yang berlangsung di Padang tersebut berlangsung secara hibrid, yakni offline dan daring diikuti 10 Dekopi perwakilan daerah produsen kopi dan 17 asosiasi/ organisasi anggota Dekopi dari seluruh Indonesia.

“Salah satu agenda Munas adalah penyempurnaan AD/ART, program kerja serta memilih dan menetapkan kepengurusan baru Dekopi periode 2022-2026. Munas dibuka Ketua Umum Dekopi periode 2018 – 2022 Anton Apriyantono,” kata Zain Ismed.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut mantan Manajer Humas PT Pusri tersebut, dalam sambutannya Ketua Dekopi Anton Apriyantono menyampaikan bahwa Munas di Padang ini merupakan yang pertama sejak berdirinya Dewan Kopi Indonesia pada 11 Maret 2018 yang lalu. Diharapkan Munas ini dapat ditetapkan penyempurnaan AD/ART, program kerja dan memilih dan menetapkan kepengurusan baru.

Dalam Munas tersebut Rusman Heriawan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Dewan Kopi Indonesia periode 2022-2026 menggantikan Anton Apriyantono Menteri Pertanian 2004-2009 yang terpilih sebagai Ketua Badan Pengawas Dekopi. Ketua Dekopi terpilih Rusman Heriawan adalah Wakil Menteri Pertanian tahun 2011-2014 dan pernah menjabat Kepala BPS sejak 2006-2011.

Anton Apriyantono menyatakan bahwa Dewan Kopi Indonesia sebagai mitra pemerintah dapat membawa kopi Indonesia semakin menjadi kopi unggulan dunia.

Dekopi sendiri terbentuk pada 2018, kehadirannya dilandasi tujuan makin mempopularkan kopi sebagai komoditas unggulan Indonesia dan memajukan industri perkopian. Selain itu Dekopi juga mencanangkan Hari Kopi Nasional yang ditetapkan tanggal 11 Maret, yang menjadi penanda bangkitnya kopi Indonesia.

Dekopi diharapkan untuk memajukan perkopian Indonesia. ingin mengembalikam kejayaan kopi nasional dengan menyatukan para stakeholder dan pemerintah. Kopi kita terkenal dimana-mana tetapi banyak orang Indonesia yang masih mengkonsumsi kopi rendah ada pula kopi impor. (maspril aries)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penggiat Literasi-Tutor-Penulis & Penerbit Buku -- PALEMBANG - INDONESIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image