Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Seminar Nasional Strategi dan Perencanaan Lembaga Pendidikan Menyongsong Indonesia Emas

Info Terkini | Friday, 25 Mar 2022, 18:32 WIB

Dalam rangka mengembangkan pendidikan di Indonesia, Institut Daarul Qur’an (Idaqu) Jakarta bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Antar Bangsa (STMIK AB) menggelar Seminar Nasional pada Jum’at (25/3). Adapun tema Seminar kali ini adalah “Strategi dan Perencanaan Lembaga Pendidikan Menyongsong Indonesia Emas”.

Hadir sebagai Narasumber yakni; Prof. Dr. Ir. Suhendar Sulaeman, M.Sc. Guru Besar Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Prof. Dr. H. Armai Arief, M.A. Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, KH. Ahmad Jamil, M.A. Pimpinan Direktorat Pendidikan Daarul Qur’an dan H. Tarmizi As Shidiq, M.Ag. Pimpinan Direktorat Ekonomi sekaligus Ketua STMIK Antar Bangsa.

Seminar nasional kali ini sangat menarik bagi para tenaga pengajar khususnya yang masih dalam lingkup Daarul Qur’an. Adapun unit yang mengikuti adalah mulai dari TK Daqu School, SD Daarul Qur’an Internasional, SMP Daarul Qur’an dan SMA Daqu School.

Dalam seminar kali ini membahas tentang visi Indonesia Emas 2045 yang mana mempersiapkan empat pilar, yaitu:

1. Pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2. Pembangunan ekonomi yang berkelanjutan

3. Pemerataan pembangunan

4. Pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola kepemerintahan

Dalam penyampaian materi, Prof. Suhendar menjelaskan pentingnya sebuah strategi. “Strategi akan menjelaskan kemana arah bisnis dalam jangka panjang dan lingkungan seperti apa yang akan dimasuki serta aktivitas apa yang terdapat didalamnya,” ucapnya.

“Aktivitas yang diperlukan untuk mencapai strategi pengembangan adalah menentukan tim perencana pengembang, lalu tentukan standar yang ingin dicapai, kemudian tentukan kesanggupan atau kemampuan target sesuai dengan periode tertentu,” tutupnya.

Lalu menurut Prof. Armai Arief, untuk menyongsong generasi emas para peserta didik harus dilatih agar berpikir kritis, kreatif dan inovatif ditambah kemampuan dan keterampilan berkomunikasi. Lalu untuk para guru harus mempunyai sifat yang kolaboratif, lalu dapat membentuk karakter anak didik, memiliki mindset masa depan dan mempunyai literasi teknologi.

Idaqu bersama STMIK AB sangat mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia, karena dengan majunya dunia pendidikan Indonesia mampu bersaing di kancah Internasional. Mau jadi salah satu agen pengembang pendidikan Indonesia? Yuk segera daftar di pmb.idaqu.ac.id.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image