Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rutan Pbg

Aksi Kemanusiaan Sambut HBP Ke-58, Rutan Purbalingga Donor Darah

Info Terkini | Friday, 25 Mar 2022, 12:18 WIB
Pegawai Rutan Purbalingga mengikuti kegiatan donor darah di Lapas Purwokerto menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 tahun 2022. Foto : Rutan Purbalingga/dok.

Menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 tahun 2022, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Purbalingga Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah turut memeriahkan kegiatan sosial donor darah, Kamis (24/3).

Serentak dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan seluruh Indonesia, bersama 7 UPT eks Keresidenan Banyumas, pegawai Rutan Purbalingga menyumbangkan darahnya difasilitasi oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyumas dengan mengambil lokasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Purwokerto.

Plt. Kepala Rutan Purbalingga, Bluri Wijaksono, beserta jajaran pejabat meninjau langsung jalannya kegiatan tersebut bersama pegawai Rutan Purbalingga yang akan mendonorkan darahnya. Sebelum dilaksanakan donor, setiap pegawai terlebih dahulu dilakukan pengecekan kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan dilanjutkan prosedur skrinning kesehatan guna memastikan pendonor dalam kondisi yang sehat.

Antusiasme ditunjukkan oleh pegawai Rutan Purbalingga meskipun tidak semua pegawai dapat menyumbangkan darahnya salah satunya disebabkan oleh kesehatan pegawai yang kurang memenuhi persyaratan seperti tekanan darah dan hemoglobin kurang dari batas normal.

"Sayangnya hanya beberapa pegawai saja yang dapat berkesempatan mengikuti aksi kemanusiaan ini, tetapi niat baik kita sudah tersalurkan," ungkap Bluri

Pelaksanaan donor darah UPT se- Eks Karesidenan Banyumas oleh PMI Kabupaten Banyumas. Foto : Rutan Purbalingga/dok.

Bluri juga menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini selain menjadi rangkaian acara menyambut HBP ke-58, namun juga sebagai ajang dukungan dan kepedulian bagi sesama. Ia berharap dengan kegiatan ini pihak Rutan Purbalingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Kita tidak pernah tahu, hal kecil yang kita lakukan seperti menyumbangkan 350ml darah kita ini, ternyata mampu menyelamatkan nyawa orang lain. Kita belajar bahwasanya hal yang terlihat kecil menurut kita ternyata bisa menjadi nilai yang besar bagi orang lain, dan di sinilah Pemasyarakatan hadir untuk masyarakat," lanjutnya.

Ia mengajak seluruh jajarannya untuk selalu berperan aktif dalam kegiatan sosial baik di kantor maupun lingkungan masyarakat. Ia menyebutkan bahwa kegiatan donor darah bagi pegawai yang bisa mendonorkan darahnya baiknya dilakukan rutin setiap tiga bulan sekali sehingga meringankan beban orang lain yang membutuhkan stok darah terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image