Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Redaksi Harian

Inilah Cara Investasi Saham Syariah dan Keuntungannya

Bisnis | Friday, 25 Mar 2022, 11:20 WIB
Source : Republika

Pasar modal syariah di Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), jumlah investor muslim di Indonesia pada Maret 2019 mencapai 50.049, meningkat 12% dibandingkan akhir 2018. Pertumbuhan ini tentu didukung oleh komposisi penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam, sehingga permintaan produk dari syariah juga semakin meningkat.

Tren global yang muncul adalah munculnya merek atau produk yang mempromosikan faksi Syariah misalnya makeup halal, sampo jilbab, dll. Tren ini juga mulai merambah dari ritel hingga investasi. Salah satunya adalah investasi saham syariah.

Saham syariah tergolong istimewa karena dapat memenuhi aspirasi investor yang ingin memiliki saham sesuai dengan prinsip agama Islam. Berikut adalah melihat lebih dekat saham syariah untuk investor pemula.

Memberikan Keuntungan Halal

Jika Anda masih ragu dengan hasil halal dari investasi saham, Anda bisa menggunakan saham syariah sebagai jawabannya. Berinvestasi dalam saham syariah menawarkan manfaat halal karena secara otomatis menghindari investasi yang dilarang. Misalnya, saham perusahaan yang bergerak di industri non halal, seperti alkohol dan tembakau, tidak bisa masuk dalam daftar saham syariah.

Keuntungan halal yang diperoleh investor syariah sama dengan investor ekuitas biasa, yaitu dalam bentuk capital gain, yaitu keuntungan investasi yang berasal dari selisih harga beli dan harga jual, dan dividen, yaitu ikut serta dalam keuntungan. keuntungan perusahaan.

Cek : Investasi Saham Syariah Terbaik

Untuk memastikan bahwa Anda memperdagangkan saham yang sesuai Syariah, Anda memerlukan Sistem Online Trading Syariah atau yang biasa dikenal dengan Sistem Online Trading Syariah 'SOTS' untuk kenyamanan dan ketenangan pikiran Anda.Lebih statis dalam pelaksanaan transaksi di saham pasar.

Menggunakan MNC Trade Syariah

Aplikasi jual beli efek Syariah online telah mendapatkan sertifikat kepatuhan Syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) sebagai MNC Trade Syariah. Dengan MNC Trade Syariah, sistem yang cerdas dan canggih memastikan Anda hanya dapat membeli saham yang terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES).

Karena salah satu prinsip syariah adalah tidak boleh berutang, pembelian saham hanya dapat dilakukan sesuai dengan jumlah di rekening dana nasabah (RDN). Selain itu, Anda juga tidak bisa mendapatkan pinjaman (transaksi terbatas) sesuai dengan prinsip Syariah, yang melarang adanya riba jahiliyah (bunga pinjaman). Penjualan saham juga terbatas pada saham dalam portofolio Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image