5 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Wajib Dicoba Pemula

Image
Redaksi Harian
Bisnis | Thursday, 24 Mar 2022, 10:40 WIB
Source : Republika

Investasi jangka pendek adalah bentuk investasi yang berlangsung kurang dari satu tahun. Investasi jangka pendek biasanya berlangsung 3-12 bulan. Investasi jangka pendek ini memiliki keunggulan seperti penarikan yang mudah dan fleksibilitas.

Berbeda dengan investasi jangka pendek jika tujuan utama investor untuk investasi jangka panjang adalah stabilitas keuangan masa depan dan pengembalian yang tinggi. Investor jangka pendek lebih cenderung memikirkan cara untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam jangka waktu yang relatif pendek.

Juga, modal investasi jangka pendek tidak semahal investasi jangka panjang. Anda juga bisa memulai dengan puluhan ribu rupiah. Tidak perlu jutaan atau ratusan juta rupiah.

Jika Anda tertarik untuk membangun dana melalui investasi jangka pendek, Anda dapat memilih dari beberapa alat. Tentu saja, Anda perlu mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan. Berikut beberapa alat investasi jangka pendek yang bisa Anda pilih sebagai alternatif untuk menabung dan mengembangkan uang Anda.

1. Sekuritas

Komoditas jangka pendek yang sangat menarik adalah komoditas surat berharga baik berupa saham biasa maupun saham preferen. Dengan berinvestasi di saham, Anda sudah memiliki bagian dari perusahaan tergantung pada jumlah saham yang Anda miliki. Persediaan umumnya bersifat jangka panjang, tetapi ada juga yang bersifat jangka pendek.

2. Obligasi Negara Ritel

Jika Anda membutuhkan investasi jangka pendek yang dijamin 100%, ritel obligasi pemerintah adalah pilihan yang tepat. Sebagai bagian dari Obligasi Negara, Obligasi Negara Ritel menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat umum untuk berinvestasi pada modal yang terjangkau mulai dari Satu juta rupiah.

Periode investasi rata-rata obligasi pemerintah ritel adalah sekitar 3 tahun, dan pengembalian yang cukup besar dibayarkan setiap bulan. Obligasi ritel pemerintah diterbitkan oleh pemerintah untuk mendanai anggaran pendapatan dan belanja negara dan dikelola untuk mendanai berbagai pembangunan dan kebutuhan pemerintah.

3. Deposito

Investasi jangka pendek lainnya adalah simpanan dalam bentuk simpanan di bank selama jangka waktu tertentu. Uang yang disimpan dalam rekening kustodian mungkin tidak dapat dibayarkan pada tanggal jatuh tempo dan pemilik dana akan menerima bunga variabel setiap bulan.

Deposito juga berbeda. Yaitu 1, 3, 6, 12, 24 bulan. Anda tinggal memilih periode yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan keuangan Anda.

4. Reksa dana

Reksa dana juga sangat populer karena dianggap mudah dan tidak merepotkan. Biasanya Anda hanya menyetor dana melalui sindikasi yang dijalankan oleh perusahaan investasi dan manajer investasi mengatur semuanya.

Cek : Cara Investasi Logam Mulia Bagi Pemula

Uang Anda diinvestasikan dalam beberapa metode investasi. Jika Anda membutuhkan investasi jangka pendek, Anda dapat meminta manajer investasi Anda untuk berinvestasi pada produk yang bertahan kurang dari 12 bulan.

5. Tabungan

Tabungan merupakan salah satu bentuk investasi jangka pendek yang sudah banyak dilakukan sejak lama. Tabungan yang disimpan di bank merupakan salah satu bentuk investasi jangka pendek. Anda dapat dengan mudah menarik uang kapan pun Anda membutuhkannya.

Namun, tabungan untuk kebutuhan keuangan jangka panjang tidak bisa diandalkan. Investasi jangka pendek mana yang Anda minati? Selidiki semua kendaraan investasi yang tersedia sebelum berkomitmen pada satu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis dan penelisik berita melalui fakta yang aktual

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Dredown FB : Converter Video Facebook Tanpa Aplikasi (Private)

Image

Savefrom IG: Download Story dan Feed Instagram 4K Tanpa Aplikasi

Image

Komitmen Pimpinan Dalam Meningkatkan Etika Aparatur Negara Pelayan Publik

Image

Secure Societies, Kenyamanan Hidup dan Sikap Religius

Image

Jangan Lakukan Hal ini! 10 Penyebab Gagal Interview Kerja

Image

Link Y2Mate Asli Platform Download Video YouTube Jadi Musik Dari HP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image