Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andrian Eksa

Digelar dalam Tiga Sesi, TO ASPD DIY 2022 Hari Pertama MTsN 9 Bantul Berjalan Lancar

Info Terkini | Wednesday, 23 Mar 2022, 11:58 WIB

Sebanyak 127 siswa kelas IX MTs Negeri 9 Bantul mulai mengikuti Try Out Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2022, Senin (21/03/2022). TO ASPD DIY 2022 akan dilaksanakans selama empat hari, yaitu Senin (21/03/2022) hingga Kamis (24/03/2022) mendatang. Kegiatan pemantapan persiapan ASPD tersebut digelar secara semi-online. Siswa-siswa MTsN 9 Bantul mengikuti di Laboratorium Komputer sesuai sesi. Noor Shofiyati, S.Pd., selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum mengatakan, 127 siswa MTsN 9 Bantul dibagi ke dalam tiga sesi di dua ruangan yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga jarak selama pelaksanaan sesuai aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

Hari pertama, Senin (21/03/2022), TO ASPD DIY 2022, siswa-siswi MTsN 9 Bantul mengerjakan mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda. Ashifa Nindya Laura Betty Safilli, siswa kelas IX C mengatakan bahwa materi-materi yang diujikan sama dengan yang telah dipelajarinya sehingga dapat dikerjakan dengan mudah.

“Alhamdulillah materi yang dipelajari di madrasah selama pembimbingan banyak yang muncul di dalam TO ini,” tutur Ashifa.

Pembimbingan yang dimaksud Ashifa adalah les reguler, les PIKA (Program Intensif Khusus Akselerasi), dan One Day Before. Agus Aris Subagyo, S.Pd., selaku Koordinator Tim Sukses ASPD MTsN 9 Bantul mengatakan, ketiga jenis pendampingan tersebut dilakukan MTsN 9 Bantul demi mempersiapkan siswa meraih prestasi tinggi. Les reguler wajib diikuti oleh seluruh siswa, sedangkan les PIKA hanya diperuntukkan bagi 20 siswa per kelas yang mempunyai minat lebih di mata pelajaran tertentu. Sementara itu, One Day Before merupakan pendampingan satu hari sebelum asesmen dilaksanakan. Semua guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA terlibat langsung dalam pendampingan tersebut.

“Semangat anak-anak untuk bisa menaklukkan ASPD ini sangat tinggi. Oleh karena itu, kami memfasilitasi sebisa mungkin. Meskipun, harus les berkali-kali,” jelas Agus.

Pernyataan Agus tersebut dikonfirmasi oleh Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., Kepala MTsN 9 Bantul yang mengatakan bahwa MTsN 9 Bantul bertekad untuk mempertahankan peringkat pertama tingkat MTs Negeri di Bantul dan meningkatkan capaian rata-rata nilai siswa.

“Dengan semangat siswa ini, kami optimis akan mampu meraih yang terbaik di ASPD nanti,” tegas Atik, sapaan akrab Kepala MTsN 9 Bantul. (and)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image