Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mia Fajarani

Dari Misano hingga Sepang, kini MotoGP hadir di Mandalika

Olahraga | Saturday, 19 Mar 2022, 15:49 WIB

Sebagai penikmat tayangan olahraga MotoGP dari tahun ke tahun, saya sering kali berandai-andai kapan yah bisa nonton Rossi kebut-kebutan di depan mata saya. Sepang merupakan salah satu pilihan yang tepat, karena lebih terjangkau dan akomodasinya tidak terlalu mahal meskipun Misano adalah salah satu impian. Namun sayang seribu sayang, mimpi untuk bisa nonton Rossi pupus begitu saja karena pandemi yang mengharuskan kita untuk diam ditempat, menikmati balapan motor bertenaga 1.000 cc melalui layanan streaming dengan wifi cepat maupun di salah satu TV Nasional berlogo warna biru.

Awal tahun 2020, santer terdengar kabar kalau Indonesia bakal membuat sirkuit bertaraf internasional di salah satu wilayah yang baru pertama kali saya dengar, Mandalika. Hah? Beneran tuh?? Itulah kata-kata yang saya ucapkan tatkala mendengar kabar tersebut. Ternyata, apa yang diberitakan itu kini benar-benar di depan mata. MotoGP hadir dan resmi balapan di Indonesia!

Sebenarnya yah, saya pesimis, mengingat kondisi koronces yang tidak kunjung mereda, tapi, atas izin Tuhan YME, pembangunan sirkuit akhirnya kelar dan siap digunakan untuk balapan MotoGP pada tahun 2022 ini.

Meskipun keinginan untuk nonton MotoGP adalah demi melihat babang Rossi track-track-an depan mata, tapi tak apalah, aku masih bisa berkesempatan melihat langsung Andrea Dovizioso mantan tandemannya Lorenzo pas di Ducati. Yuk bisa yukkkk nonton MotoGP di Mandalika. Masa udah balapan di negara sendiri, malah nggak nonton sih?

Mandalika dan pesonanya

Pesona Lombok memang tiada duanya karena suguhan alam yang indah nan permai di bumi Indonesia tercinta. Jadi sedikit flashback saat kunjungan saya ke Lombok beberapa waktu silam sungguh amat bermakna. Orang-orang yang ramah, makanan laut yang segar, pantai yang bagus banget dan pastinya pemandangan yang sangat perlu disyukuri keindahannya.

Refreshing di Lombok, 2017

Dengan adanya sirkuit Mandalika, Pulau Lombok bakal jadi salah satu destinasi wisata mancanegara yang paling diminati. Contohnya yah, para pembalap itu berasa vakansi lho selama di Mandalika. Secara gitu yah, dekat dengan pantai, udaranya fresh, makanannya uwenakkkk dan pastinya sepanjang mata memandang, hanya keindahan yang terlihat. Proud to be Indonesian!

Sirkuit Mandalika terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini memiliki panjang lintasan 4.301km dengan 17 tikungan yang posisinya dekat dengan pantai. Jadi, penonton yang sudah siap di tribun penonton bisa sambil menikmati pemandangan pantai tuh. Asik banget yah, mupeng nggak sih?? Mupeng battttt

Kenapa saya sampe mupeng? Ya sudah jelas, saya tidak bisa melihat langsung perhelatan akbar MotoGP yang saya sukai ini huhuhu. Alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah pekerjaan yang tak bisa ditinggal, alias belum dapet cuti nih guyssss. Jadi yaaa saya cuma bisa nonton di rumah melalui siaran langsung via SPOTV Channel di aplikasi UseeTV Go pake Indihome Internet Stabil.

Tidak hanya pemandangan yang super duper ciamik, sirkuit mandalika juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas mumpuni yang dapat mengakomodasi keperluan para riders dan tim, mulai dari kesiapan tim medis, internet yang super kencang, hingga jumlah kursi penonton yang dapat memuat hingga 195.700 orang, serta memasukkan ornamen corak dari tenun Suku Sasak.

Membayangkan, mewujudkan kemudian

Sering kali saya berandai-andai, tradisi nonton MotoGP di rumah bareng keluarga tuh pasti bakal seru nggak sih kalau nonton bareng di sirkuit langsung? Nggak cuma nonton balapan para rider MotoGP, tapi juga vakansi singkat menikmati waktu bersama dan pemandangan yang sungguh luar biasa.

Nggak apa-apa, saat ini membayangkan sambil nonton streamingnya dengan Indihome Internet stabil, sambil menyusun itinerary mau mengunjungi apa saja di Mandalika. Karena tahun depan bakal masih ada MotoGP yakaannnn.

Dari berandai-andai Indonesia punya sirkuit berskala Internasional untuk perhelatan MotoGP, kini di tahun 2022 mimpi tersebut akhirnya terwujud secara pasti.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image