Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image PMM Gel.2 96

Mahasiswa PMM-UMM Kenalkan Metode Digital Game-Based Learning

Eduaksi | Wednesday, 16 Mar 2022, 16:21 WIB

Di era dengan segala teknologi yang semakin canggih, media digital juga mengalami banyak peningkatan terutama dalam hal fungsi salah satunya ialah media digital yang digunakan sebagai salah satu sarana kegiatan pembelajaran. Saat ini, Kota Batu kembali menerapkan pembelajaran daring sehingga pembelajaran menggunakan media digital yang kreatif dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran selain video edukasi yang dapat diterapkan, terutama di sekolah dasar. Oleh karenanya, Mahasiswa UMM yang tergabung dalam PMM Bhaktiku Negeri kelompok 96 yaitu Abdillah Nurhidayah, Satya Bijak, Aurelia Anggelina, Rizky Dwi, dan Ayu Novita dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) yakni Ibu Firda Ayu Amalia, SE., Ak., M.SA berkontribusi dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris dan PPKN di SDN Mojorejo 2 Kota Batu dengan menggunakan media digital. Kegiatan ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan yaitu di mata pelajaran Bahasa Inggris dan PPKN pada tanggal 26 Februari 2022, 5 Maret 2022, serta 7 Maret 2022. Kegiatan ini juga didampingi oleh Ibu Mustika, salah satu guru yang ada di SDN Mojorejo 02.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (PMM-UMM) kelompok 96 gelombang 2 membantu proses belajar mengajar dengan menerapkan metode digital game-based learning untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dan PPKN dengan memberikan materi melalui video edukasi dan memberikan kuis-kuis berbasis game yang dirancang melalui WordWall dan Quizizz. Salah satu contoh pembelajaran yang dilakukan ialah pemberian kuis dengan menggunakan salah satu web aplikasi WordWall, pemberian kuis ini dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak kosakata Bahasa Inggris yang diketahui, salah satu contohnya ialah dengan game yang memiliki banyak huruf acak dengan berbagai warna, siswa diminta untuk mencari 10 kosakata Bahasa Inggris sesuai materi yang telah diberikan sebelumnya kemudian mengklik kosakata yang telah ditemukan. Mahasiswa PMM UMM juga menggunakan web aplikasi Quizizz dan merancang kuis pilihan ganda dengan berbagai warna dan gambar. Adapun manfaat pembelajaran ini yaitu, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan kreatif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar di era pandemi yang belum berakhir. Siswa-siswi SDN Mojorejo 02 juga mengaku antusias dengan metode ini dan mengatakan bahwa mereka senang dengan pembelajaran yang berbasis game.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image