Stop Perceraian di Depok, Langgengkan Pernikahanmu dengan Cara Ini

Tips  

Bicara tentang pernikahan, siapa sih yang gak pengen punya hubungan langgeng dan awet? Asal tau aja nih, kalau sudah bicara tentang rumah tangga, cobaan dan rintangan sudah pasti ada dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Maka dari itu dibutuhkan komitmen untuk mewujudkan pernikahan yang langgeng dan awet.

Tidak terkecuali di Depok, nyatanya masih banyak yang gagal menjalaninya. Data resmi dari Pengadilan Agama Depok mencatat, lebih dari 10.000 pasangan dalam tiga tahun terakhir terjadi perceraian. Lalu, apa-apa saja tips pernikahan bahagia dan langgeng?

Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan pernikahan yang sehat dan bahagia. Yuk, simak bersama beberapa tips tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Ikut sekolah pranikah

Sekolah ini mengajarkan bimbingan perkawinan yang diperuntukan bagi calon pengantin dengan pelaksanaan selama dua hari pada 10 hari sebelum menikah.

Buat kamu yang ingin menikah, mungkin bisa mengikutinya. Cara ini dianggap efektif karena kamu bisa melakukan simulasi pernikahan demi mewujudkan pernikahan yang harmonis. Di dalam kelas pranikah nantinya diajarkan berbagai materi, baik dari sisi agama, psikologis, kesehatan, sampai pendidikan anak. Untuk warga Depok, jangan khawatir, karena Pemkot Depok sudah kembali buka sekolah pranikah.

2. Membangun komunikasi dengan pasangan

Komunikasi yang baik dalam suatu hubungan adalah salah satu kunci suksesnya hubungan itu sendiri. Seperti kata-kata sederhana yang memberi semangat atau pujian memiliki kekuatan yang jauh lebih besar daripada yang kamu pikirkan.

Misalnya dengan memuji pasangan bahwa pakaiannya terlihat bagus dengan setelan atau gaun yang digunakan. Sebaliknya, seorang istri bisa memuji suaminya saat mengerjakan pekerjaan yang berhasil dicapai.

3. Samakan persepsi

Contoh kecil yang paling mungkin terjadi adalah jika pasanganmu sedang ingin menyantap sesuatu yang ternyata berbeda dengan apa yang kamu mau. Maka turutilah apa yang diinginkan oleh pasangan kita. Selalu ada waktu berikutnya untuk apa yang kita inginkan.

Jangan menyerah jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan. Sebagai gantinya, belajarlah untuk menyeimbangkan keinginan masing-masing. Dengan begitu, pasangan juga akan mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan kita.

4. Anggap seperti pacaran lagi

Berapapun usia pernikahan yang sudah kamu tempuh, ulangi hal-hal menyenangkan yang kamu dan pasangan suka lakukan saat masih berpacaran.

Seperti menuliskan surat cinta singkat, membelikan bunga untuk pasangan, berpegangan tangan saat sedang berjalan bersama, kencan atau liburan yang hanya untuk kamu dan pasangan. Atau hal-hal lain yang dapat mengungkapkan rasa sayang terhadap pasangan. Dengan begitu, pasti pasanganmu akan merasa kalau rasa sayang dan cintamu itu tak terbantahkan.

5. Cari jalan keluar bersama

Tidak perlu menganggap serius segala hal setiap kali kamu dan pasangan bertengkar. Jika kamu sedang ada selisih paham dan merasa tersinggung dengan apa yang pasangan lakukan atau ucapkan, luangkan waktu untuk berpikir dan beri mereka kesempatan untuk meminta maaf dengan tulus.

Jika bisa, jangan terlalu mempermasalahkannya. Karena itu bisa bisa menjadi bahan tertawa yang lucu di kemudia hari! Namun juga jangan berharap berlebihan jika pasangan melakukan sesuatu sesuai dengan cara yang kita mau.

Terimalah bahwa pasangan kamu juga memiliki caranya sendiri dalam melakukan sesuatu. Pernikahan mencakup banyak kompromi dan pengertian, terutama tentang memenuhi harapan.

Harus selalu diingat, pernikahan yang sudah kamu bangun itu dibangunnya oleh cinta. Jangan sampai masalah yang terjadi mengalahkan cinta yang kalian miliki. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyayangi pasangan kalian, ya!

Penulis: Adwin Aqshal | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image