Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image azizah suci

Sosialisasi Pentingnya Digital Marketing UMKM di Desa Ngroto Pada Masa Pandemi

Bisnis | Tuesday, 15 Mar 2022, 19:11 WIB
Foto bersama ibu-ibu Desa Ngroto yang mengikuti Sosialisasi UMKM. Foto : Dok. PMM Desa Ngroto Gel.15 Kel.86

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan PMM(Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) di Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur yang dimulai pada tanggal 15 November-15 Desember 2021. PMM ini mempunyai tema “Optimalisasi Pengembangan Digital Marketing UMKM Desa Ngroto di Masa Pandemi”. Tujuan dari PMM ini adalah untuk mengembangkan UMKM yang masih memasarkan produk usahanya secara offline menjadi dapat memasarkan produk usahanya secara online.

Pengembangan Digital Marketing dalam UMKM menjadi salah satu solusi bertahannya umkm dalam masa pandemi. Karena pada saat pandemic muncul disemua belahan dunia banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat terutama kegiatan jual beli. Pada saat pandemic covid ekonomi menurun dan terjadi pelambatan sektor di Indonesia. Sektor UMKM pun yang penting dalam sektor ekonomi ikut terdampak pandemi yang membuat turunnya daya beli masyarakat. Karena berkurangnya aktivitas diluar ruangan kegiatan jual beli dilakukan secara digital. Oleh karena itu perlunya model kewirausahaan yang sesuai dengan kemajuan teknologi yaitu digital.

Proses sosialiasi kepada ibu-ibu Desa Ngroto. Foto : Dok. PMM Desa Ngroto Gel.15 Kel.86

Kegiatan yang dilakukan dalam PMM ini adalah pengenalan marketplace,pengembangan umkm,pemasaran produk pada marketplace. Kegiatan ini dilakukan di Balai Desa Ngroto dengan mengumpulkan para pemilik umkm dan yang memilki minat untuk membuka usaha. Rata-rata usaha masyarakat desa yang mengikuti sosialisasi adalah usaha snack ringan seperti lumpia kering,dll. Pertama-tama para pemilik umkm dan yang berminat umkm diperkenalkan apa itu marketplace,kegiatan ini difokuskan untuk memperdalam marketplace, apa itu marketplace,apa saja marketplace yang ada, perbedaan antara masing-masing marketplace.

Kedua, pengembangan umkm. Kegiatan yang dilakukan disini adalah membentuk masyarakat untuk membangun usaha dimasa pandemi ini yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.Dengan memberi motivasi berupa inovasi kepada masyarakat. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberi inovasi kepada masyarakat yang sudah mempunyai umkm dalam hal packaging dan pemasaran. Karena masih banyaknya produk yang asal jadi. Dan minimnya kreativitas dalam mengemas produk.

Ketiga, pemasaran produk pada marketplace. Kegiatan ini difokuskan dalam pengaplikasian pemasaran produk pada UMKM. Dengan tujuan para mitra dapat memasarkan produknya secara online di marketplace. Kegiatan yang dilakukan dengan mengajarkan step by step mulai dari pembuatan akun marketplace, foto produk yang menarik,dan mematok harga yang bersaing dll.

Dari kegiatan PMM diatas diharapkan masyarakat Desa Ngroto yang mengikuti sosialisasi bisa melakukan pemasaran produknya secara digital dan terbangun semangat berwirausaha.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image