Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M.Rizal

Begini Cara Dapatkan Bantuan Alat Kesenian dari Disporaparbud Purwakarta

Info Terkini | Tuesday, 15 Mar 2022, 16:55 WIB
Kabid Kebudayaan Disporaparbud Purwakarta, Dindin Ibrahim Mulyana.

Setiap tahunnya, Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyalurkan bantuan alat kesenian.

Bantuan alat kesenian dari Disporaparbud diperuntukan untuk sanggar seni dan perguruan pencak silat di Kabupaten Purwakarta.

"Setiap tahun ada bantuan alat kesenian untuk sanggar seni dan perguruan pencak silat di Kabupaten Purwakarta. Tentunya jumlah penerima disesuaikan dengan anggaran yang tersedia," kata Kabid Kebudayaan Disporaparbud Purwakarta, Dindin Ibrahim Mulyana, Senin, 14 Maret 2022.

Dindin menjelaskan, bagi sanggar seni dan perguruan pencak silat yang ingin mendapatkan bantuan alat kesenian harus memasukan terlebih dahulu proposal permohonan.

Lalu melampirkan sejumlah berkas lainnya, seperti, susunan pengurus, serta sanggar seni atau perguruan pencak silat tersebut keteragan sudah terdaftar di Disporaparbud Purwakarta.

"Untuk surat keterangan sudah terdaftar tersebut sangat diperlukan karena harus diperbaharui tiap tahun sebagai bahan evaluasi kita," ujar Dindin.

Diberitakan sebelumnya, di tahun 2022 ini ada 9 perguruan pencak silat dan 2 sanggar seni di Kabupaten Purwakarta yang mendapatkan bantuan alat kesenian.

"Untuk tahun ini ada 9 perguruan pencak silat dan 2 sanggar seni yang mendapatkan bantuan alat kesenian dari Disporaparbud Purwakarta," kata Dindin.

Dindin mengungkapkan, para penerima bantuan alat kesenian tersebut sebelumnya sudah mengajukan proposal ke Disporaparbud Purwakarta di tahun sebelumnya.

Tahun ini untuk anggaran bantuan alat kesenian yang dianggarkan Disporaparbud dengan total Rp200 juta.

"Jadi ini pengajuannya tahun-tahun kemarin. Alhamdulillah dari seluruh yang mangajukan proposal bantuan bisa terealisasi semua di tahun ini," ujarnya.

Adapun bantuan alat kesenian yang diterima 9 perguruan pencak silat di tahun ini masing-masing berupa 2 set kendang pencak, 1 set goong, satu terompet.

Kemudian untuk sanggar seni yang pertama 5 kendang tampak beserta dudukannya. Kemudian sanggar seni berikutnya dua set saron perunggu dan dua set kendang jaipong.

Dindin mengungkapkan, bantuan yang diberikan merupak wujud kepedulian Pemkab Purwakarta melalui Disporaparbud terhadap keberadaan sanggar seni dan perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Purwakarta.

"Ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah dan tentunya untuk melestarikan kesenian daerah," jelasnya.

Sebagai penutup, Dindin mengatakan, penyerahan bantuan alat kesenian tersebut nantinya akan diserahkan langsung oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika kepada para penerima.*

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image