Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image adira berdine

Cara Agar Anak Senang Membaca Al-Quran

Agama | Tuesday, 15 Mar 2022, 13:52 WIB

Membaca Al-Quran harus sesuai dengan kaidah-kadah yang disusun oleh para ulama tajwid. Bila seorang anak membaca Al-Quran tanpa ilmu tajwid maka dapat mengubah makna ayat tersebut. Untuk itu, perlu beberapa cara agar anak senang membaca Al-Quran berikut dengan ilmu tajwidnya.

Sebagai seorang muslim, membaca Al-Quran harus menjadi rutinitas yang tak boleh terlupakan sekaligus menerapkannya pada anak. Terdapat berbagai hikmah yang dapat diperoleh dengan membaca Al-Quran karena adanya balasan berupa sepuluh kebaikan dalam setiap huruf Al-Quran.

Cara Agar Anak Senang Membaca Al-Quran

1. Mengajari anak dengan sabar

Agar anak mendapatkan hasil terbaik dalam belajar membaca Al-Quran, Anda harus mengajari mereka dengan sabar. Kesalahan yang anak lakukan selama belajar merupakan hal wajar, maka perbaiki dan arahkan anak dengan sabar dan jawab segala pertanyaan mereka sebisa Anda.

Dengan menanggapi semua pertanyaan anak tanpa rasa bosan atau kesal sedikit pun, maka semangat anak dalam mempelajari Al-Quran selalu terjaga. Jika Anda merasa butuh bantuan profesional, sekarang sudah tersedia banyak platform untuk mencari guru mengaji online. Jadi mempermudah Anda untuk mengenalkan dan mengaji anak mengaji dari kecil.

2. Berikan penjelasan manfaat membaca Al-Quran

Sebisa mungkin, Anda harus memberikan penjelasan pada anak manfaat yang akan mereka peroleh dalam membaca Al-Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semakin dewasa, anak mungkin dapat menuntut penjelasan akan tindakan yang harus mereka lakukan.

Cara agar anak senang membaca Al-Quran adalah dengan memberikan penjelasan menggunakan kalimat sederhana namun tetap dapat dinalar oleh anak. Saat anak mengerti manfaat membaca Al-Quran, maka akan terbentuk kecintaan pada diri mereka terhadap Al-Quran.

3. Sesekali berilah anak pujian

Memberikan pujian pada anak akan membuat dirinya bangga terhadap apa yang telah ia capai dalam membaca Al-Quran. Cara memujinya dapat Anda lakukan dengan mengatakan bahwa perkembangan anak sudah meningkat dan lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, Anda juga dapat berkata bahwa Anda senang mendengar anak saat mengaji. Dengan begitu, anak akan merasa dihargai dan semakin bersemangat dalam membaca Al-Quran.

4. Konsisten dalam mengajar

Walaupun hanya sebentar, Anda tetap harus konsisten membuat cara belajar yang baru setiap harinya agar anak tetap senang dan tidak mudah bosan dalam membaca Al-Quran. Dengan Anda konsisten, anak akan semakin terbiasa bahkan senang melakukannya setiap hari.

5. Pelajari hal mudah terlebih dahulu

Saat baru belajar Al-Quran, tentu Anda harus mulai mengajarkan anak dari dasar atau dari bagian yang paling mudah terlebih dahulu. Saat anak berhasil dalam melakukannya, hal tersebut akan menjadi motivasi anak untuk mempelajari tahapan berikutnya.

6. Belajar dengan metode menyenangkan

Tentunya, anak juga dapat mengalami kebosanan selama proses belajar Al-Quran. Maka dari itu, Anda harus lebih kreatif dalam metode pembelajaran Al-Quran untuk anak. Anda harus bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan memberi aktivitas-aktivitas selingan.

Aktivitas tersebut dapat berupa nyanyian-nyanyian untuk mengenal kisah Nabi, nama-nama malaikat, atau rukun Islam. Setelah bernyanyi, jangan lupa bila Anda harus memberi kesimpulan nilai-nilai positif yang dapat diambil dan nilai-nilai negatif yang berdosa jika dilakukan oleh anak.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan teknologi agar anak tak mudah bosan. Misalnya, mendownload aplikasi Al-Quran digital yang dapat menjadi metode menyenangkan bagi anak khususnya pecinta gadget.

7. Hindari memaksa anak

Keinginan agar cepat dalam mempelajari Al-Quran terkadang menimbulkan paksaan yang tanpa Anda sadari. Anak yang dipaksa tentu bukan menurut tapi malah merasa tidak nyaman dengan sikap Anda dan pada akhirnya anak tidak mau mempelajarinya sama sekali.

Untuk itu, jangan sekali-sekali memaksa anak. Cukup berikan motivasi agar anak senang membaca Al-Quran.

8. Ajarkan anak untuk meniru

Biasanya, anak memiliki keahlian untuk meniru perkataan orang lain dengan begitu cepat. Maka Anda dapat memanfaatkan hal ini dengan cara mencontohkan membaca Al-Quran pada anak Anda. Dengan begitu, anak akan meniru Anda dengan sendirinya dan tanpa paksaan sama sekali.

Tentunya hal tersebut akan lebih menguntungkan bagi Anda karena anak pun akan lebih cepat mengerti jika tanpa dipaksa.

Nah, di atas tadi merupakan cara agar anak senang membaca Al-Quran. Tentunya dengan mengajari anak lebih rajin membaca Al-Quran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, manfaatnya akan sampai ke orang tua sebagai bekal di akhirat kelak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image