Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rika Andriana

Waspadai Aktivitas yang Bikin Kuota Internet Cepat Habis Berikut Ini

Teknologi | Sunday, 13 Mar 2022, 14:35 WIB

Tanpa koneksi data, Anda tidak dapat menikmati hiburan digital, Anda tidak dapat mengirim pesan melalui WhatsApp, atau berkonsultasi dengan jejaring sosial.

Selain itu, Anda tidak dapat bermain game online, membuka video melalui streaming atau YouTube, sehingga ponsel cerdas Anda seperti lumpuh.

Jadi jika Anda tidak ingin terjebak dalam situasi ini, Anda perlu merencanakan penggunaan data ponsel cerdas Anda dengan cermat.

Sebenarnya semua provider menawarkan paket data unlimited atau tidak terbatas, namun tentunya ada batasannya, yang artinya ketika paket unlimited anda tercapai maka koneksi data menjadi lambat.

Nah, berikut ini mungkin bisa menjadi solusi bagi Anda yang merasa paket data internet Anda cepat habis.

1. Mengupload Video ke YouTube

YouTube telah menjadi website tercanggih di dunia, melebihi Facebook dan Twitter. Menonton video streaming di YouTube dapat memberikan hiburan yang mudah dan menyenangkan.

Bayangkan Anda dapat dengan mudah dan cepat menonton jutaan rekaman video dari seluruh dunia. Namun, akibatnya, pangsa YouTube sangat besar, terutama saat Anda menonton video HD.

Selain menonton video di YouTube, mengunggah video ke YouTube juga dapat menghabiskan banyak data internet. Namun, itu semua tergantung pada pengaturan Youtube dan faktor lainnya. Mengupload video dalam resolusi HD dapat menghabiskan kuota internet hingga 200MB per menit.

Jadi solusinya harus menggunakan koneksi Wi-Fi untuk menonton atau mengunggah video di Youtube.

2. Video Call

Bagi pengguna smartphone, Anda dapat melakukan video call baik melalui Skype, LINE atau WeChat, namun pernahkah Anda memperhatikan bahwa berbicara dengan teman melalui video call dapat menghabiskan kuota data internet Anda?

Ya, video call bisa memakan banyak kuota karena video call masih tergolong streaming yang aktivitasnya membutuhkan banyak bandwidth.

Rata-rata bandwidth yang dibutuhkan untuk video call adalah 3 MB per menit. Jadi jika tidak ingin kuota internet cepat habis, jangan sungkan untuk chat saja.

3. Game Online

Game online yang masuk dalam kategori real-time action dengan grafis minimal 3D, seperti Point Blank, Modern Combat 5 atau bahkan Asphalt 8, akan menyedot kuota data internet kamu. Konon, game-game ini membutuhkan rata-rata 1MB data per menit, jadi pastikan bermain lama akan cepat menguras data internet Anda.

4. Streaming Video

Anda akan ketagihan menonton film secara gratis saat menemukan situs web yang menayangkan film secara online. Faktanya, film online dapat menghabiskan data internet Anda. Bahkan bisa dikatakan film online paling “kejam” dalam hal pengambilan share internet. Ini karena streaming video dapat menghabiskan 50MB per menit.

Coba bayangkan berapa banyak MB yang dikonsumsi saat Anda menonton film yang berdurasi minimal satu jam. Jadi jika data internet Anda terbatas, lebih baik unduh saja lalu tonton filmnya secara offline.

Baca Selengkapnya >>> android62.com bettermind.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image