Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rika Andriana

Cara Menghilangkan Mode Aman HP Android Tanpa Restart dengan Mudah

Teknologi | Saturday, 12 Mar 2022, 09:42 WIB

Mode aman atau Safe Mode merupakan sebuah fitur yang terdapat pada ponsel Android yang berfungsi untuk menjalankan fungsi utama dan dasar saja. Safe Mode ini membantu proses troubleshooting atau mengidentifikasi masalah yang terjadi pada kinerja sistem operasi Android. Jika fitur ini aktif, maka Anda tidak akan dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Fitur safe mode atau mode aman yang menyala dapat terlihat dari tulisan di bagian bawah pojok layar. Jika sudah menyala, cara paling umum adalah dengan melakukan restart ponsel. Namun, banyak orang yang malas melakukan restart karena terkadang menghilangkan beberapa data. Berikut ini beberapa cara lain yang dapat Anda gunakan jika ponsel Android tiba-tiba masuk ke mode aman.

Menghapus Cache Aplikasi

Cache merupakan tempat penyimpanan sementara aplikasi untuk tempat setelan mereka. Tujuan dari cache adalah untuk mempercepat proses loading ketika membuka aplikasi tertentu. Namun, hal itu ternyata bisa membuat memori ponsel penuh. Hal paling parahnya cache dapat membuat ponsel Android mengaktifkan mode aman tiba-tiba. Oleh karena hal itu, menghapus cache dapat mematikan mode aman yang aktif. Berikut caranya:

1. Pergi ke menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’.

2. Pilih menu ‘Aplikasi’ dan akan muncul semua aplikasi yang terinstal.

3. Setelah itu Anda bisa memilih aplikasi yang ingin dihapus cache.

4. Nantinya akan terpampang informasi penyimpanan, scroll sampai bagian paling bawah dan klik ‘Clear Cache’.

Lakukan hal tersebut untuk semua aplikasi di ponsel sebagai cara menghilangkan mode aman tanpa restart.

Lakukan Factory Reset

Jika cara diatas belum dapat mengatasi masalah, maka Anda bisa lakukan cara berikutnya ini. Factory reset sebenarnya cukup mudah. Bahkan, cara ini menjadi yang paling ampuh terutama untuk ponsel yang masa penggunaannya sudah cukup lama.

Ketika Anda melakukan Factory reset, maka semua data dan sistem ponsel akan hilang. Itu artinya, semua data akan terhapus. Ikuti langkah berikut ini untuk melakukan factory reset:

1. Pergi ke menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’.

2. Pilih menu ‘Tentang Ponsel’ atau ‘About Phone’. Pada beberapa ponsel, menu ini memiliki nama ‘Backup & Reset’.

3. Setelah terbuka, scroll sampai ke bawah hingga menemukan ‘Factory Reset’.

Setelah itu maka ponsel akan memulai proses reset. Anda dapat menunggunya beberapa saat hingga selesai.

Pastikan sebelum melakukan Factory Reset ini, Anda sudah melakukan back up data terlebih dahulu. Baca Selengkapnya >> pascaltechnologies.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image