Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image mengaspal jalan

Cara Menghindari Kerusakan Aspal

Eduaksi | Wednesday, 09 Mar 2022, 15:33 WIB

Kerusakan jalan aspal memang menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari. Faktor cuaca dan mobilitas kerap kali menjadi persoalan dan sangat memengaruhi penurunan kondisi jalan.

Namun, kita bisa mencegahnya sedini mungkin. Antisipasi kerusakan jalan harus dilakukan dengan baik agar aktivitas dan kehidupan masyarakat tidak terganggu.

Bersama jasa pengaspalan profesional, kita bisa melakukan langkah-langkah agar jalan menjadi kuat lebih lama sesuai umur pemakaiannya. Berikut aspek-aspek penting yang harus kita perhatikan dalam membangun jalan aspal agar tidak mudah rusak.

Gunakan Material Berkualitas Bagus

Sering kali karena ingin menghemat, material yang dipakai pun asal murah saja. Kadang kala pula, material yang digunakan berkualitas rendah atau malah tidak terlalu diperhatikan. Di sisi lain, banyak yang akhirnya mengurangi takaran atau membuat campuran/lapisan perkerasan yang tidak tepat. Padahal, komposisi bahan bangunan yang bagus menjadi salah satu faktor penting bagi ketahanan jalan aspal.

Cara lain pun dilakukan, yaitu dengan memasukkan bahan tambahan ke dalam campuran aspal yang akan digunakan. Inovasi ini tercipta guna menghasilkan kinerja campuran yang semakin andal. Bahan tambah memiliki tujuan agar perkerasan semakin awet dan tidak mudah rusak.

Buatlah Drainase yang Baik

Aspek drainase juga sering kali dilupakan. Padahal, segala jenis kerusakan jalan hampir semuanya bermula dari faktor peresapan air. Tak heran jika musim hujan tiba, banyak jalan yang kemudian menjadi rusak.

Drainase adalah sistem pengeringan atau pembuangan air dari permukaan jalan yang memang ditujukan untuk mencegah kerusakan pada perkerasan. Dengan dibangunnya drainase yang baik maka air bisa tertampung dengan benar sehingga tidak menggenang di jalan. Alhasil, kerusakan jalan pun bisa sangat diminimalkan jika drainase bekerja dengan baik dalam mengakomodasi air yang jatuh ke permukaan jalan.

Segera Lakukan Perbaikan pada Kerusakan Kecil

Pemeliharaan rutin dan berkala penting dilaksanakan sebagai upaya pencegahan jalan dari kerusakan parah. Jika sudah memperhatikan tanda-tanda seperti retak, amblas, material terlepas, jalan bergemeretak, selip, dan sebagainya maka penanganan hendaknya langsung dilakukan.

Segera hubungi jasa pengaspalan terpercaya untuk menangani hal ini. Tindakan pencegahan dilakukan agar kerusakan jalan tidak menjadi semakin kronis dan menghambat aktivitas masyarakat.

Pilih Jasa Pembuatan Jalan Aspal Profesional

Aspek paling utama dan mendasar adalah memilih jasa pembuatan jalan aspal terbaik. Layanan pembuatan aspal yang profesional akan memahami semua aspek pembuatan jalan yang dibutuhkan dan sesuai standar.

Boleh dikatakan, semua desain perencanaan jalan itu pasti baik. Masalah sendiri sering kali datang dari proses pengerjaannya di lapangan. Sangat mungkin terjadi miss dan berbagai kesalahan akibat kualitas pekerjaan yang kurang baik.

Ada berbagai kekurangan yang sering kali terjadi dalam proses pembuatan jalan. Kekurangan tersebut antara lain penggelaran aspal atau material yang terlalu banyak/sedikit, kurang panas, pemadatan yang salah, dan sebagainya. Paling sering adalah pemilihan kualitas material yang buruk serta komposisi yang kurang tepat, seperti yang sudah disebutkan di atas. Akibatnya, jalan yang baru saja diperbaiki bisa rusak kembali, atau jalan yang baru dibangun, sebentar saja sudah terjadi kerusakan.

Oleh karena itu, memilih layanan pengaspalan terbaik juga termasuk salah satu faktor penentu yang krusial dalam pembuatan jalan.

Selain hal-hal di atas, ada pula faktor-faktor lainnya yang berpengaruh. Salah satunya, jangan sampai jalan dilewati oleh beban yang melebihi kapasitasnya (overload). Kejadian seperti ini sayangnya masih banyak terjadi.

Meski demikian, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hal ini memang tidak bisa terhindarkan lagi dan sudah menjadi keniscayaan. Oleh karena itu, kembali lagi, perencanaan dan pengerjaan jalan aspal memang harus dikuatkan dan dilaksanakan dengan benar.

Jadi, jangan lupa untuk selalu menggunakan jasa pengaspalan terpercaya. Pilihlah layanan pembuatan jalan aspal yang selalu memberikan penggarapan proyek terbaik.

Pembuatan sesuai prosedur serta perbaikan kerusakan yang tepat menjadi kunci agar jalan aspal senantiasa mulus dan terhindar dari kerusakan. Dengan memilih layanan pembuatan dan perbaikan jalan aspal yang kompeten maka jalan yang dihasilkan pun akan berkualitas baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image