Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Belajar Dasar Copywriting

Eduaksi | Tuesday, 08 Mar 2022, 08:35 WIB
Dok. NN. Ilustrasi

Saya mulai tertarik dengan copywriting beberapa tahun di belakang, sejak terlibat rutin di portalsatu sebagai kontributor lepas.

Saya mengategorikan copy writing sebagai penulisan kreatif, terkhusus lagi yang terkait iklan.

Memang secara praktis dan umum, copywriting difungsikan untuk membagun interaksi audiens, mengembangkan audiens dengan narasi efektif dan mengajak audiens untuk bertindak terhadap produk tertentu.

Dari Dewa Eka menyebutkan bahwa, untuk mencapai mahir dalam hal copywriting tak ada jalan lain selain latihan. Setidaknya perlu 10.000 jam terbang. Tentu di dalamnya sudah ada kegagalan dan penolakan.

Ini menunjukkan bahwa, copywriting, 80% adalah pengalaman, termasuk pengetahuan tentang seluk-beluk produk. Sisanya, 20% adalah seni menyampaikan pesan dengan bahasa yang ringkas, padat, diistilahkan dengan the way to talk. Memastikan bahwa dari bentuk judul, paragraf pertama dan sajian copywriting mesti membangung persuasi dan dorongan bertindak secara logis, moril, atau emosionil terhadap merek/produk/jasa yang dimaksud.

***

Taufik sentana. Program penulisan kreatif dari Albanna International School Aceh. Since. 2018.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image