Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rihadatul Izza Rosyidah

Mahasiswa PMM UMM 70 Mengadakan “Fun Festival” Dalam Rangka Memeriahkan Isra’ Mi’raj di TPQ Baiturro

Eduaksi | Monday, 07 Mar 2022, 14:04 WIB

Sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM). PMM Kelompok 70 mengadakan kegiatan “Fun Festival” selama satu pekan dalam rangka memperingati hari isra’ mi’raj di TPQ Baiturrochman Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat ini tentunya dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan. PMM Kelompok 70 Gelombang 1 tahun 2022 terdiri oleh 5 mahasiswa, yakni M. Abuzhar Alghifari, M. Asad Adfany, Rihadatul Izza Rosyidah, Andina Chairany, dan Dibba Fitro.
Salah satu program pengabdian utama yang dilaksanakan oleh kelompok 70 UMM ini ialah mengadakan kegiatan “Fun Festival” untuk anak anak TPQ Baiturrochman. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan mengasah kreatifitas, melatih kemandirian, dan melatih public speaking. Program “Fun Festival” ini diadakan selama satu minggu penuh.
Adapun berbagai macam lomba yang diadakan ialah lomba adzan, lomba mewarnai untuk kelas TK, lomba menggambar kaligrafi untuk kelas SD, lomba pildacil, dan lomba tahfidz al quran. Pada lomba pildacil menggunakan tema Isra’ Mi’raj agar anak anak dapat memahami dengan baik peristiwa isra’ mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.
Kegiatan PMM UMM 70 ini dilaksanakan di TPQ Baiturrochman untuk membantu efektifitas pembelajaran pada anak anak. Mengingat jumlah pengajar hanya dua orang dan jumlah anak didik sebanyak kurang lebih 40 anak. Sehingga PMM kali ini harapannya dapat membantu proses pembelajaran di TPQ Baiturrochman, serta mengadakan berbagai program yang lainnya salah satunya ialah “Fun Festival” yang diisi dengan lomba lomba dan nonton film kartun islami bersama sama.

Setiap lombanya akan diperoleh tiga pemenang dari masing masing perlombaan. Akan diberikan hadiah yang telah disiapkan oleh kelompok 70, yang in syaa Allah akan diumumkan pada saat penutupan PMM. Harapannya kegiatan “Fun Festival” ini dapat memeriahkan dan menambah pemahaman anak anak tentang hari Isra’ Mi’raj. Dan tentunya segala program yang dilaksanakan dapat membawa manfaat bagi masyarakat sekitar, utamanya pada TPQ Baiturrochman.

“Alhamdulillah dengan kedatangan kelompok PMM oleh UMM ini semoga dapat membantu proses pembelajaran di TPQ Baiturrochman, karena memang jumlah pengajar yang kurang memadai. Semoga kegiatan “Fun Festival” ini dapat mendorong semangat anak anak untuk terus belajar” kata Ida Qomariyah, pengajar di TPQ Baiturrochman, Sumbersekar.


Anak didik TPQ menyambut kedatangan sekelompok mahasiswa UMM dengan sangat antusias. Dalam segala program yang diadakan oleh kelompok PMM, anak anak secara sukarela dan semangat dalam menjalani serangkaian program yang telah direncanakan sebelumnya. Terutama dalam kegiatan “Fun Festival” yang diadakan pada pekan terakhir pelaksanaan PMM.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image