Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Kenali Kelebihan IPOTFund Evaluator Biar Bisa Memilih Reksa Dana yang Terbaik

Bisnis | Monday, 07 Mar 2022, 09:54 WIB

Bukan rahasia lagi, salah satu cara berinvestasi reksa dana yang tepat yakni memilih reksa dana dengan kinerja terbaik. Hanya saja, memilih reksa dana yang berkinerja baik itu bukan perkara gampang. Apalagi, saat ini sudah ada banyak reksa dana yang ditawarkan di market.

Semakin banyak reksa dana yang tersedia, tentu dibutuhkan banyak keahlian dan cara baru yang bisa memudahkan dalam memilih reksa dana dengan kinerja yang terbaik. Nah, di era serba digital saat ini, tentu cara mendapatkan reksa dana yang terbaik bisa "diakali" dengan teknologi, salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan platform investasi reksa dana dengan fitur yang memudahkan investor menemukan reksa dana dengan kinerja yang terbaik.

Salah satu platform investasi reksa dana yang menawarkan fitur menarik untuk memilih reksa dana yang terbaik adalah IPOTFund milik Indo Premier Sekuritas. Platform yang telah terintegrasi dalam aplikasi IPOT ini memiliki fitur bernama IPOTFund Evaluator. Seperti apa kelebihan fitur ini?

Pada dasarnya fitur ini memudahkan investor memilih reksa dana dengan kinerja terbaik. Investor tak perlu repot-repot dalam memilih reksa dana yang terbaik dari sisi kinerja.

IPOTFund Evaluator menampilkan 10 reksa dana terbaik yang sudah diranking berdasarkan imbal hasil dan konsistensi pertumbuhan NAB-nya (atau NAV). Jadi sebagai investor yang cerdas, tentu yang wajib diperhatikan bukan hanya ranking secara umum, tetapi konsistensi return yang diberikan.

Konsistensi return ini bisa dicermati dengan melihat periode waktu yang disediakan mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 2 tahun hingga 3 tahun. Periode ini penting dijadikan rujukan karena bisa dipakai sebagai sarana untuk memantau kestabilan pertumbuhannya dalam jangka pendek, menengah atau pun jangka panjang.

Tak hanya dari sisi periode waktunya, investor wajib memperhatikan juga unit growthnya karena data ini akan memberikan gambaran aktivitas dana yang masuk dan keluar untuk reksa dana tertentu pada jangka waktu tertentu.

Selanjutnya, manakala NAB-nya tumbuh secara positif yang disertai dengan unit growth yang juga tumbuh maka ini sama artinya dengan banyak investor yang melakukan subscription.

Sebaliknya, manakala pertumbuhan kerja yang positif tapi disertai dengan unit growth yang negatif maka ini menandakan banyak investor yang melakukan penarikan dana atau redemption.

Oleh sebab itu, sebagai investor yang cerdas, tentu pilihan reksa dananya adalah yang pertumbuhan NABnya stabil dan pada saat yang sama ditopang unit growth yang solid. Dengan begitu, investasi reksa dananya pun benar-benar mendatangkan cuan.

Investasi reksa dana kini tidak perlu pusing-pusing lagi dalam pemilihan reksa dananya. Semua bisa dilakukan dengan mudah sehingga investasi pun benar-benar mendatangkan cuan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image