Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Guru MTsN 3 Bantul Ciptakan Lagu Untuk Gelorakan Literasi

Eduaksi | Sunday, 06 Mar 2022, 21:53 WIB

Predikat sebagai Penulis dan Penggerak Literasi Nasional yang didapatnya dari Kemenag RI akhir 2021 lalu tidak membuat Guru MTsN 3 Bantul Drs. Sutanto terlena dan berhenti berkarya. Dalam upaya turut menggelorakan Gerakan Literasi Nasional, dirinya mencipta sebuah lagu yang berjudul “Menulis Membaca” dinyanyikan oleh Motivator Nasional yang bersuara emas, Fuzna Marzuqoh, SH. CH. CMNLP dan sudah diunggah di chanel youtube.

Hal itu dikatakan Sutanto dikediamannya Celep Srigading Sanden Bantul, Ahad (6/3/2022).

Menurut alumni Pendidikan Seni Musik IKIP Yogyakarta tersebut, lagu tersebut sasaran utamanya memang untuk anak-anak sehingga melodi maupun syairnya sederhana.

“Saya ingin bisa turut berpartisipasi aktif menggeloralan program literasi. Mulai dari pendidikan dasar kita bidik agar mereka suka menulis dan membaca. Supaya anak-anak mudah menerima informasi tentang literasi kita buat dalam sebuah lagu. Kebetulan Mbak Fuzna selaku motivator sangat respek dengan lagu dan pendidikan anak. Gayungpun bersambut, beliau dengan senang hati membawakan lagu ini,” terang Sutanto.

Sementara itu, Fuzna Marzuqoh sangat senang bisa kolaborasi dengan Sutanto. Lagu Menulis Membaca ini merupakan kolaborasinya yang ketiga di 2022. Sebelumnya melalui lagu Anak Mulia dan Ramadan Tiba.

“Mendengar lagu Menulis Membaca ini, terasa energi positif dan semangat literasi. Membaca adalah kegiatan yang dapat memperluas wawasan. Bahkan dikatakan buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, anak-anak Indonesia akan menjadi generasi emas di masa mendatang. Menulis juga kegiatan yang sangat bagus, bukan hanya untuk orang dewasa, namun juga untuk remaja dan bahkan anak-anak. Dengan menulis, kita dapat berekspresi dan mengemukakan ide-ide. Lagu ciptaan pak Sutanto ini membuat anak-anak bersemangat untuk membaca dan menulis,” tandas Fuzna.

Berikut ini syair lagu Menulis membaca:

Yuk kawan membaca

Membaca apa saja

Bacalah dengan rasa

Sumber ilmu seluas semesta

Yuk kawan menulis

Menulis apa saja

Pilihlah kata bermakna

Menebar manfaat untuk sesama

reff

Menulis membaca, hati gembira.

Membangun budaya bangsa

Menulis membaca, duhai senangnya

Aku bangga anak Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image