Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indah Permata

Social Marketing adalah: Pengertian dan Elemen Pemasaran

Bisnis | Wednesday, 02 Mar 2022, 22:22 WIB

Social marketing adalah pemasaran yang menggunakan prinsip dan teknik untuk mempengaruhi target pasar supaya dengan sukarela menerima, menolak dan memodifikasi perilaku tertentu untuk manfaat individu, kelompok maupun masyarakat tertentu. Sebagai seorang Bisnisman harus paham dalam menjalankan social marketing untuk mengenalkan produk terhadap masyarakat.

Social Marketing Adalah

Pemasaran sosial disebut juga sebagai kampanye sosial sebab menggunakan strategi kampanye. Materi kampanye tentang produk dan cara mengatasi permasalahan sosial di masyarakat saat ini. Terdapat 3 elemen yang harus diperhatikan ketika akan melakukan social marketing seperti berikut:

1. Produk

Desain produk dibuat sesuai sasaran atau target konsumen. Produsen perlu mengemas gagasan sosial dengan cara menysuai keinginan target pasar supaya mereka mau menggunakan produk tersebut. Artinya yang ditawarkan dalam social marketing adalah ide, gagasan dan perubahan perilaku.

Jadi, perspektif, produk dan pelanggan lebih dari sekedar kualitas serta gaya. Terdapat 3 tingkatan dalam produk harus diketahui yaitu core product (keuntungan dari perilaku yang ditawarkan, actual product (perilaku itu sendiri) serta augmented product (produk dan jasa pendukung dari perilaku yang ditawarkan).

2. Tempat

Tempat dalam Pemasaran sosial meliputi tempat dan distribusi produk sosial. Produk tersebut tidak mampu menjangkau banyak target jika lokasinya jauh dari posisi masyarakat. Karena itu, supaya lebih mudah diakses harus ditempatkan dan distribusikan menuju area dekat dengan khalayak.

Produk sosial bersifat nyata dapat disebarkan dengan produsen menawarkan ke distributor, kemudian dijual ke agen, pengecer sampai ke tangan konsumen. Sedangkan produk sosial berupa praktik atau ide dapat disebarkan melalui komunikasi.

3. Promosi

Langkah yang harus dilakukan dalam mempromosikan produk sosial dengan membedakan siapa target adopters. Proses komunikasi massa digunakan di sini untuk target yang bersifat massa juga. Namun, jika targetnya individu maka digunakan pendekatan langsung.

3 hal yang harus diperhatikan saat promosi menggunakan media komunikasi massa yaitu proses komunikasi itu sendiri, keputusan komunikasi dan evaluasi. Sedangkan pendekatan langsung dapat dilakukan melalui komunikasi personal atau komunikasi selektif disesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah 3 elemen penting social marketing baik berupa produk, tempat dan promosi. Perlu diketahui bahwa pemasaran sosial tidak sama dengan media social marketing. Untuk menerapkan strategi pemasaran ini tentu dibutuhkan perencanaan dan perancangan. Yang mana sebagai digital marketing harus bener-bener menguasai hal tersebut supaya gaji digital marketing yang di dapat seimbang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image