Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mafaza Ahsanutaqwim

Pembuatan Media Sosial Sebagai Wadah Promosi UMKM bersama KKN 166 UMY

Info Terkini | Monday, 28 Feb 2022, 20:32 WIB
pembuatan media sosial umkm bersama pemuda setempat

Yogyakarta (13/02/22) - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di dusun Morobangun, Jogotirto, Berbah, Sleman bekerja sama dengan pemuda Karang Taruna setempat melakukan pembuatan Media Sosial untuk media promosi produk UMKM yang ada di dusun Morobangun.

Media sosial merupakan salah satu alat yang efektif untuk digunakan sebagai media promosi sebuah produk, salah satunya adalah Instagram. Instagram adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk dapat menampilkan foto dan video. Maka dari itu Instagram bisa menjadi media yang efektif dan efisien untuk memperkenalkan sebuah produk dengan menampilkan foto-foto yang menarik, sehingga dapat meningkatkan nilai jual dari produk itu sendiri.

"akan tetapi karena UMKM yang ada di dusun ini sebagian besar pemiliknya adalah ibu-ibu yang sudah sepuh yang mana cukup sulit jika diberikan pembelajaran tentang penggunaan media sosial, jadi alangkah baiknya jika kita buat satu akun media sosial yang nanti di dalamnya bisa memuat seluruh UMKM di dusun ini mas dan nanti media sosial bisa dikelola dengan temen-temen karang taruna" ucap Mas Rosyid Ketua Karang Taruna Bangkit.

Kegiatan pendampingan bersama karang taruna ini dilakukan secara informal atau diskusi santai, karena jika dilakukan dengan diskusi santai seperti ini ide-ide kreatif akan lebih mudah muncul. Setelah pembuatan akun Instagram selesai maka KKN 166 UMY bersama Karang Taruna Bangkit mulai merumuskan konten-konten yang akan mengisi akun tersebut.

Salah satu konten yang akan ditampilkan di akun tersebut adalah katalog produk yang mana bertujuan untuk menginformasikan mengenai harga dan point-point menarik dari produk. Saat itu platform Canva yang kita gunakan untuk pembuatan konten, karena dalam canva sudah menyediakan template yang memudahkan penggunanya untuk membuat poster, banner, katalog, dll.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image