Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lambe Sepiral

Pesawat Terbesar Di Dunia Antonov Hancur oleh Serangan Rusia di Ukraina

Info Terkini | Monday, 28 Feb 2022, 09:28 WIB

Pesawat terbesar di dunia yakni pesawat kargo Antonov-225 milik Ukraina dihancurkan oleh serangan Rusia di luar Kyiv pada hari keempat invasi Moskow, kata kelompok Ukroboronprom milik negara Ukraina pada Minggu 27 Februari 2022.

"Pasukan Rusia menghancurkan kapal utama penerbangan Ukraina, AN-225" di bandara Antonov di Gostomel dekat Kyiv, kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

Antonov adalah pesawat terbesar di dunia, dengan panjang 84 meter, dapat mengangkut hingga 250 ton kargo dengan kecepatan hingga 850 kilometer per jam.

Seperti dilansir portaljogja.com dari CNA, pesawat tersebut diberi nama "Mriya", yang berarti "mimpi" dalam bahasa Ukraina.

"Ini adalah pesawat terbesar di dunia, AN-225 'Mriya'," cuit Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba pada hari Minggu.

"Rusia mungkin telah menghancurkan 'Mriya' kita. Tapi mereka tidak akan pernah bisa menghancurkan impian kita tentang negara Eropa yang kuat, bebas dan demokratis. Kita akan menang!", tambahnya.

Bandara Gostomel telah menyaksikan bentrokan kekerasan sejak dimulainya invasi Rusia, yang diluncurkan oleh Presiden Vladimir Putin pada hari Kamis.

Tentara Rusia mengatakan sedang mencoba untuk merebut infrastruktur strategis.

Pabrik senjata Ukroboronprom memperkirakan bahwa memulihkan "Mriya" akan menelan biaya lebih dari US$3 miliar dan bisa memakan waktu lebih dari lima tahun.

"Misi kami adalah untuk memastikan bahwa biaya ini ditanggung oleh Rusia, yang dengan sengaja menimbulkan kerusakan pada penerbangan Ukraina," kata kelompok itu.

Industri ini awalnya dibangun sebagai bagian dari program aeronautika Soviet, An-225 melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1988.

Setelah bertahun-tahun tidak terbang setelah jatuhnya Uni Soviet, satu-satunya salinan yang ada melakukan uji terbang pada tahun 2001 di Gostomel, sekitar 20 kilometer dari Kyiv.

Baca Juga : Rusia Siap Gempur Habis Pertahanan Ukraina, Ternyata Ini Negara yang Ditakuti Vladimir Putin

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image