Santri STP Khoiru Ummah Jember Berkunjung ke TPA Pakusari Belajar Pengelolaan Sampah

Image
Santuso
Eduaksi | Saturday, 26 Feb 2022, 05:57 WIB
Para santri STP Khoiru Ummah Jember tengah membaca papan informasi di TPA Pakusari

Akhir pekan tiba, para santri Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Jember tingkat SMP kembali mengikuti agenda outing class. Dengan didampingi tiga guru, mereka berangkat pada pukul 08.00 WIB. Outing kali ini dilaksanakan pada Minggu (13/2/2022) dengan tujuan ke lokasi Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) Pakusari Jember.

Santuso, guru pendamping sekaligus koordinator lapangan dalam outing class ini mengatakan, ada beberapa tujuan dalam outing kali ini. “Tujuan outing ini memberikan pengetahuan kepada siswa bahwa sampah itu dapat disulap menjadi barang bernilai ekonomi jika diolah dengan tepat,” katanya.

Foto berpose salah satu santri STP Khoiru Ummah Jember saat berkunjung ke TPA Pakusari

Di samping itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan jiwa kreatif para santri yakni dengan kreatif mengolah sampah menjadi barang-barang yang bermanfaat.

Proses jalannya outing class ini dibuka dengan instruksi oleh guru pendamping. Setiap santri diberi kertas yang berisi beberapa pertanyaan mengenai TPA Pakusari. Mereka menjawab pertanyaan di lembar kerja santri (LKS) dari hasil mengamati berbagai informasi dan fakta-fakta yang terdapat di tempat itu.

Setelah mendapat beberapa informasi di bagian awal, mereka melanjutkan perjalanan menuju ke zona rekreasi. Zona rekreasi adalah salah satu kawasan di TPA Pakusari yang menjadi daya tarik tersendiri. Karena itu, masyarakat banyak berkunjung ke TPA ini untuk berekreasi. Tidak hanya bersenang-senang, kita juga dapat belajar seputar pengelolaan sampah di situ.

Beberapa santri STP Khoiru Ummah Jember tengah menaiki replika sepeda motor raksasa yang terbuat dari ban bekas di TPA Pakusari

Di sana terdapat seni-seni indah yang terbuat dari sampah. Seni-seni di TPA ini dibuat dengan bentuk yang realistis dan bagus. Di antara seni-seni tersebut adalah figur tiga dimensi berbentuk sepeda motor dan T-Rex. Seni yang satu ini tampak unik. Bagaimana tidak? Keseluruhan bahan dari seni tersebut hanyalah berupa puluhan ban bekas yang dicat dan disusun sehingga menjadi raksasa.

Setelah puas bermain di zona rekreasi, para santri kembali ke titik kumpul untuk penutupan. Mereka makan siang dan kemudian kembali ke asrama.

Santuso yang juga menjadi guru pengampu mata pelajaran menulis di STP Khoiru Ummah Jember itu menuturkan, kegiatan outing kali ini diharapkan dapat menumbuhkan kebiasaan hidup bersih kepada para santri. “Kita punya 5 kebiasaan baik yang dijalankan di Khoiru Ummah yang disingkat Al-Biah KU. Menjaga kebersihan merupakan salah satu dari kebiasaan baik itu,” terangnya. [atha/sts]

Reporter:

Athaillah Mahiya Nararya

Santri Kelas 7

Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Jember

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

teacher, reporter, blogger - mistertuso.my.id

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Begini Tipe atau Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Rajim

Image

Perbedaan Ukuran Kaos Lokal dan Luar

Image

Empat Mahasiswa UMP Jadi Peserta Student Exchange di Turkey dan Egypt

Image

Olimpiade Akuntasi UMP Sukses Digelar

Image

Bersama Pejabat Daerah. Kepala Rutan Pasangkayu Ikut Upacara Di Halaman Kantor Bupati

Image

Mahasiswa Magister UMP optimalkan pembelajaran Muatan Lokal Dawet Ayu Banjarnegara

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image