Jangan Salah, Depok Punya Oleh-Oleh Khas Juga Lho... Ini Daftarnya

Wisata  

Oleh-oleh sudah menjadi hal lumrah yang diberikan kepada orang lain setelah kita pulang berkunjung dari suatu daerah.

Saat pergi mampir ke Depok, pastinya oleh-oleh khas Depok menjadi incaran utama untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Kali ini, Saya akan mengajak kamu untuk hunting oleh-oleh khas Depok yang pastinya bakal bikin gak nyangka Depok punya banyak oleh-oleh khas!

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Belimbing Depok

Selain mendapat julukan sebagai ‘kota petir’, Depok juga punya julukan sebagai ‘kota belimbing’. Julukan yang diberikan karena Depok merupakan wilayah penghasil belimbing yang cukup melimpah. Jenis belimbing yang dihasilkan Kota Depok sebagian besar adalah belimbing dewa dengan ukurannya yang lebih besar dari belimbing lain.

Untuk mendapatkan belimbing dewa ini, kamu bisa datang di pasar tradisional dan juga di pinggir jalan. Biasanya sih di kawasan Depok Dua dan sekitarnya.

Nah, olahan belimbing ini ada juga yang dibuat sirup. Namanya sirup belimbing.

Tak hanya menjual buah belimbing dewa utuh, Kota Depok juga menawarkan makanan olahan yang berbahan belimbing dewa. Namanya Dodol belimbing, dibuat dari bahan dasar buah belimbing yang direbus bersama dengan gula pasir, santan kelapa, dan tepung beras ketan.

Tingkat kekenyalannya tidak sekenyal jenis dodol lainnya sehingga masih agak terasa lembut saat dikunyah, serta memiliki rasa manis alami mengingat bahan utamanya, belimbing dewa, sehingga membuat siapapun pasti ketagihan saat menyantapnya.

2. Dodol Merah Jambu

Selanjutnya ada Dodol Merah Jambu. Jenis Dodol yang juga dibuat di Depok ini menawarkan cita rasa yang berbeda dengan dodol belimbing. Namun, keduanya sama-sama menawarkan rasa manis yang bikin nagih.

Eits, jangan salah. Dodol jambu merah banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan, lho. Beberapa manfaat yang ditawarkan oleh dodol jambu merah ini antara lain adalah menurunkan hipertensi, meredakan diare, dan mencegah sembelit.

3. Nastar Belimbing

Siapa yang bisa menolak kelezatan Kue Nastar? Kue kering yang satu ini memang selalu menjadi idola, terutama jika disuguhkan pada hari raya.

Jika kamu sedang berkunjung ke Depok, jangan lupa untuk membeli kue nastar di kota ini, karena rasa kuenya dijamin berbeda dengan kue nastar lain yang pernah kamu coba sebelumnya.

Nastar dari Depok menggunakan selai buah belimbing. Biasanya nastar dipadukan dengan selai nanas. Tapi nih gais, di Depok ini kamu bisa menikmati nastar dengan rasa yang berbeda. Rasa nastar dengan selai belimbing ini dijamin tidak kalah nikmat dibanding nastar yang menggunakan selai nanas.

4. Biskuit Temma

Nama biskuit Temma sudah sangat populer di toko oleh-oleh khas Depok. Biskuit yang dibuat dari tepung kedelai dan buah kurma. Biskuit tinggi protein ini dapat meningkatkan energi tubuh.

5. Keripik Tempe

Selanjutnya ada keripik tempe. Sebenarnya keripik jenis ini bisa kamu temui dengan mudah di setiap minimarket. Namun, saat sedang berkunjung ke Depok, kamu wajib membeli keripik tempe khas Depok karena rasanya sangat gurih dan enak.

Tempe yang diiris setipis mungkin, dibumbui dengan rempah sederhana, dan digoreng hingga renyah. Keripik homemade dari Depok ini merupakan cemilan yang bisa dinikmati oleh siapapun dari berbagai usia.

6. Emping Melinjo

Sejatinya, makanan yang satu ini memang bisa ditemukan di hampir setiap daerah. Tapi, Kota Depok punya cara tersendiri mengolah emping melinjo. Di sini, Emping Melinjo diolah menjadi berbagai macam rasa, mulai dari asin, manis, sampai dengan pedas.

7. Jus Lidah Buaya

Daftar oleh-oleh khas Depok yang banyak dicari selanjutnya adalah Jus Lidah Buaya. Selain belimbing, di Depok juga banyak tempat budidaya tanaman lidah buaya.

Banyak warga Depok yang memanfaatkan hasil budidaya lidah buaya untuk diolah menjadi minuman jus. Jus satu ini memadukan lidah buaya yang dicampurkan dengan gula pasir atau madu.

8. Batik Depok

Jangan salah, Depok juga punya batik khas yang bisa dijadikan oleh-oleh. Tak kalah dengan Solo dan Yogya, batik Depok punya banyak motif seperti Motif Gong Si Bolong, Motif Tugu Batu Sawangan, Motif Tari Topeng Cisalak Depok, Motif Belimbing Dewa, Motif Ikan Manfish, Motif Kotaku Depok, dan Motif Batik Khas Depok lain.

Jika kamu ingin mendapatkan Batik khas Kota Depok ini, salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah di Dekranasda, Kota Depok yang berlokasi di Jl. Margonda Raya No.54, Balai Kota Depok. Siapapun boleh datang pada Senin-Kamis pukul 07.30-16.00 WIB dan Jumat pukul 07.30-16.30 WIB.

Wah, oleh-oleh khas Depok ini ternyata memang banyak dan bisa menjadi pilihan untuk jadi buah tangan, ya! Kalau kamu punya rekomendasi lain untuk dijadikan oleh-oleh, yuk share!

Penulis: Adwin Aqshal | Editor: Miko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis Leupas

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image