Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Vivin Harinanto

Mengelola Sampah Jadi Media Belajar yang Bermakna, Temu Pendidik Live Seluruh Nusantara

Guru Menulis | Thursday, 24 Feb 2022, 00:54 WIB

Dalam rangka peringati Hari Sampah Nasional, tanggal 21 Februari 2022, Komunitas Guru Belajar Nusantara mengadakan Temu Pendidik Live (TPL) bagi Guru di seluruh Nusantara. Kegiatan TPL yang digelar secara virtual melalui zoom dan live youtube pada hari Rabu, 23 Februari pukul 19.30 WIB ini adalah ajang berbagi Praktik Merdeka Belajar: Sampah di sekitar, bagaimana Guru Merdeka Belajar mengelola sampah menjadi Media Belajar yang Bermakna.

Bagi sebagian orang sampah selalu meresahkan dan menjadi masalah, namun bagi Imam Setiawan dan Alfi Lailatin sampah adalah sumber inspirasi.

Imam Setiawan, fasilitator Sekolah Alam Atifa, KGBN Bogor menerapkan kurikulum enrichment yang salah satu aktivitasnya adalah “Waste Bank (Bank Sampah)”, sebuah aktivitas menabung sampah untuk menstimulasi teman kecil mencintai lingkungan dengan terbiasa memilah sampah dan tidak membuangnya sembarangan. Anak-anak dibiasakan memilah sampah dan menabungnya. Imam menjelaskan bahwa masing-masing anak wajib memiliki buku tabungan sampah. Ke sekolah bawa sampah yang sudah dipilah, ditimbang dan dicatat dalam buku tabungan sampah miliknya. Pada akhir semester teman-teman kecil ini menerima hasil dari tabungan sampah miliknya. Pada tahap ini mereka sekaligus telah berliterasi secara finansial.

Bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup setempat dan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia, Sekolah Alam Atifa menekankan konsistensi dalam penggunaan sampah daripada membuang sampah. Hal ini dilakukan dengan melakukan beberapa pembiasaan seperti konsisten mebuat hiasan kelas dari bank sampah, konsisten menciptakan media ajar dari bank sampah, membuat kurikulum bank sampah, dan konsisten meng-open mind semua warga sekolah (terutama orang tua siswa) untuk menggunakan sampah semaksimal mungkin, zero waste.

Imam menambahkan bahwa para pendidik di Sekolah Alam Atifa secara konsisten membuat video tutorial memanfaatkan sampah menjadi media belajar/hiasan. Bank sampah juga bermanfaat dalam aktivitas adiwiyata lain seperti pembuatan biopori, little farm dan green lab.

Sejalan dengan Imam, Alfi Lailatin, guru SDN Ngumpul KGBN Jombang juga membagikan pengalamannya dalam mengelola sampah. Diawali dengan bersepakat dengan anak didiknya untuk melakukan perubahan, dilanjutkan dengan mengamati lingkungan sekitar supaya tumbuh rasa empati anak, lalu ambil langkah mengumpulkan dan memilah sampah. Karena mengubah orang lain atau mengubah lingkungan itu hal yang berat, maka berdamailah dahulu dengan diri kita sendiri, lakukan sendiri sedikit demi sedikit hingga orang lain terinspirasi. Nyinyiran dan cemoohan pasti ada, tapi usahakan konsistensi tetap terjaga, demikian tips dari Alfi.

Menurutnya, gerakan memilah sampah ini dapat dijadikan pembiasaan yang dapat mendukung project base learning (pembelajaran berbasis project). Lakukan dari diri sendiri, salah itu wajar, salah itu belajar, karena sedikit belajar itu lebih baik daripada berdiam diri, tegas Alfi menutup sharingnya.

Bicara soal pemilahan sampah adalah bicara soal lakukan sekarang supaya menjadi pembiasaan, lanjut Imam pada closing statemen-nya. Seandainya hanya sedikit guru saja yang mau dan yang lain tidak mau, maka lakukan saja, namanya juga perubahan! Semua aktivitas ini tujuan utama dan akhirnya adalah membentuk anak siap hidup, bukan siap cerdas ataupun siap pintar. Do it, do now.

Bunda Vivin, TK Marsudirini Solo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image