Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

7 Jenis Logam, Sifat dan Pemanfaatannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Eduaksi | Wednesday, 23 Feb 2022, 22:22 WIB

Seperti yang kita tahu bahwa logam adalah sebuah unsur kimia. Sifat bawaan logam ini sangat menguntungkan bagi penggunanya. Adapun beberapa sifat logam adalah:

· Kuat dan keras.

· Bisa di tempa dan dapat direnggangkan.

· Penghantar listrik yang baik.

· Konduktivitas termal yang baik.

· Berkilau jika digosok atau terkena cahaya.

Kita mungkin tanpa sadar sering menjumpai benda yang termasuk logam. Logam sering digunakan untuk membuat berbagai macam perhiasan dan pekakas rumah tangga. Bisa dikatakan hampir benda yang ada di sekitar kita mempunyai bahan dasar logam.

Jenis-Jenis Logam

Berikut adalah jenis-jenis logam dan penggunaannya:

1. Emas

Emas memiliki warna kuning terang dan memiliki sifat atau struktur yang lunak. Biasanya emas di pakai untuk perhiasan.

Produk yang terbuat dari emas ini memiliki nilai yang sangat mahal. Bahkan investasi emas adalah salah satu jenis investasi yang banyak peminatnya karena memang sangat menguntungkan.

2. Perak

Perak memiliki warna dasar putih abu-abu dan merupakan salah satu jenis logam yang mudah di bentuk.

Perak bisa dikatakan sebagai konduktor listrik dan panas yang baik. Pada kehidupan sehari-hari, perak biasa di pakai untuk peralatan rumah tangga dan perhiasan.

3. Perunggu

Perunggu adalah sebuah aloi yang berasal dari timah dan tembaga. Aloi tersebut memiliki sifat tahan korosi atau karat dan mudah untuk dibentuk.

Perunggu biasanya digunakan untuk membuat uang logam yang memiliki nilai rendah. Untuk perlombaan perunggu digunakan untuk pembuatan medali atau biasa di sebut medali perunggu.

4. Tembaga

Tembaga adalah logam berwarna putih keperakan dan mudah untuk dibentuk. Tembaga adalah bahan yang baik dipakai untuk pembuatan kawat listrik.

5. Kuningan

Kuningan adalah aloi yang dibuat dari campuran seng dan tembaga. Penggunaan kuningan di kehidupan masyarakat adalah untuk membuat berbagai kerajinan kuningan, hiasan, paku kecil, sekrup dan juga alat musik.

6. Besi

Besi adalah logam yang dihasilkan dari peleburan biji hematit di dalam tanur sembur. Besi biasanya digunakan untuk bahan bangunan dan digunakan untuk membuat aloi baja.

BACA JUGA: Barang antik yang paling banyak dicari kolektor

7. Timah

Timah adalah logam lunak dan mudah untuk dibentuk. Timah memiliki warna putih keperakan. Timah dibuat dari logam campuran dan biasa dipakai untuk solder

Itulah ulasan tentang jenis-jenis logam dan juga penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image