Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Eva Nurliana, S.Pd

Serunya Belajar Biologi dengan Model Stand Pameran

Eduaksi | Tuesday, 22 Feb 2022, 23:17 WIB
Dokpri.by.sri ayu.

Seru! : Belajar Sistem Pencernaan Makanan dengan Model Stand Pameran

========

Pada tanggal 9 februari 2022, kami di Kelas XI 2 IPA SMA 1 Meulaboh, Aceh Barat, mempelajari materi sistem pencernaan makanan.

Dalam pembelajaran ini, penulis mengajak siswa menggunakan model proyek minimalis berbasis stand pameran.

Teknik awal:

Para siswa dibagi 7 kelompok. Satu kelompok berisi 3 orang yang bertanggung jawab membahas masing masing sub judul terkait dengan organ organ yang berperan dalam sistem pencernaan: mulai dari struktur organ sampai kelainan dan penyakit yang ditimbulkan.

Bagi siswa yag tidak bertugas menjadi tim ahli dalam proyek ini maka berperan sebagai pengunjung.

Serunya pengunjung tidak hanya berasal dari kelas mereka sendiri..tapi juga berasal dari kelas lain yag paralel. Seperti kls XI 1 IPA, XI 3 ipa, dan XI 4 IPA. Mereka juga tampak antusias dalam berinteraksi sehingga kelas jadi meriah.

Beragam pertanyaan muncul, dan petugas stand berusaha mejawab pertanyaan..jika ada kendala maka mereka bertanya kepada guru.

Manfaat:

Kegiatan ini sangat melatih suswa untuk mengeluarkan pendapat dan inisiatif, sesuai dengan hasil bacaannya baik dr buku maupun dari ragam media. Kegiatan ini juga melatih tanggung jawab terhadap tugas di kelompok kecil mereka.

Di samping itu, untuk mengasah kreativitas, siswa berusaha menghias standnya sebaik mungkin, menata display dan daya tarik lain yg kira kira dapat menarik minat pengunjung untuk mampir di stand.

Dokpri.sri ayu

Bentuk Penilaian:

Penilaian yg dilakukan oleh guru adalah:

1.seberapa dapat mereka menjawab pertanyaan teman terkait dengan judul di stand.

2. Seberapa luwes mereka malayani pengunjung.

3. Seberapa indah dan tersampaikan materi yg tersaji di stand mereka.

4. Berapa jumlah tamu yg singgah ke stand mereka.

5. Plus tanggapan dan penilaian dari para pengunjung.

Dalam menyiapkan proyek ini, mereka diberi waktu penyiapan materi selama sepekan. Adapun durasi pameran 2x 45 menit. Alhamdulillah, terlaksanakan.

Sebagai perbaikan, ada beberpa kekurangan yang mesti disiasati sedari awal, bagi yang ingin mencoba pendekatan ini.

Dokpri.sri.ayu

1.Siswa kekurangan waktu dalam kegiatan.

2. Ruangan menjadi sempit karena ditambah dengan properti yang mengganngu gerak siswa.

3. ramainya pengunjung yang ingin bertanya sementara waktu terbatas, sehingga tidak semua siswa dapat terlayani.

Tindak lanjut:

1. Di pertemuan selanjutnya guru beserta murid mereview ulang materi materi stand dengan model diskusi atau kuisioner.

2.menyelesaikan pertanyaan pertanyaan yang belum tuntas

3.memberikan reward kepada tim dan stand terbaik, sesuai jumlah kelompok.

***

Semoga catatan kecil ini bermanfaat, salam inspiratif selalu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image