Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Devia Isna

Pemeriksaan Kesehatan bagi Warga Terdampak Semeru oleh Mahasiswa Universitas Diponegoro

Info Terkini | Tuesday, 22 Feb 2022, 08:29 WIB

Keterangan Foto. Tim kesehatan Undip yang dipimpin dokter Abdul Mughni yang melakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, di Balai desa Sumber Wuluh, Lumajang.

Universitas Diponegoro mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Sabtu (19/2). Pemeriksaan kesehatan berlangsung di Balai Desa Sumber Wuluh mulai pagi hingga sore hari. Tercatat 111 warga Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang yang antusias memeriksakan kesehatannya.

“ Kami memeriksakan bapak yang sakit, dengan harapan dokter Undip dapat memberi advis pada kesehatan bapak,” tutur putra Bapak Giran, yang ikut memeriksakan kesehatan bapaknya yang berusia 95 tahun pada bakti Kesehatan Undip Sabtu pagi.

" Alhamdulillah sudah dapat obat dan diberi advis untuk kesembuhan bapak," tutur Giran kembali.

Keterangan Foto. Tim kesehatan Undip memberikan obat kepada warga sesuai dengan sakit dan keluhan kesehatan warga.

Warga yang berjumlah 111 orang, mengikuti pemeriksaan kesehatan sejak pukul 9 pagi hingga 15.00 sore. Dokter Sri Winarni, salah satu dokter yang memeriksa pasien mengatakan bahwa keluhan warga sangat bervariasi, mulai penyakit yang bersifat degeneratif, penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) hingga sakit tumor .

Pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter Undip dan perawat dari Semarang berkolaborasi dengan kegiatan KKN Undip Peduli Warga Terdampak Erupsi Semeru yang sedang melaksanakan KKN di Desa Sumber Wuluh sejak akhir Januari 2022 lalu. Kegiatan KKN Undip tersebut berlangsung hingga 14 Maret 2022.

Pada pengabdian ini juga dilakukan pemeriksaan cek kolesterol, asam urat dan gula darah. Menariknya Dokter Hariadi Eko, Universitas Lumajang (Unilu) dengan sukarela diperiksa sebagai bentuk memeriahkan kegiatan pengabdian tersebut. “ Selain memeriahkan kegiatan Undip, saya juga ingin meyakinkan diri seperti apa kolesterol saya, alhamdulilah ternyata normal, “ tuturnya bahagia.

Keterangan Foto. Salah satu warga mengeluhkan kesehatannya kepada dokter Undip dokter Winarni di Balai Desa Sumber Wuluh.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Dokter Bayu juga ikut hadir dan meninjau kegiatan pengabdian masyarakat Undip tersebut untuk mengapresiasi pemeriksaan kesehatan bagi warga Lumajang ini, khususnya warga di Kecamatan Candipuro.

Sementara Sekdes Sumber Wuluh, Syamsul Arifin berterima kasih kepada Undip yang sudah bersedia hadir di Desa Sumber Wuluh dan mengobati warganya. " Kami sangat senang dan berharap kedepannya KKN mahasiswa Undip dapat melakukan bentuk pengabdian lainnya di Desa Sumber Wuluh ini," tutur Syamsul Arifin.

“Warga kami sedang bangkit kembali terutama pemulihan dari perekonomian yang terpukul karena musibah erupsi Gunung Semeru ini.” Ujarnya kembali.

"Syukur alhamdulilah Undip telah ikut berperan serta bersama warga kami," pungkas Pak Carik Sumber Wuluh yang kediamannya menjadi posko KKN Undip Peduli Semeru 2022.

Keterangan Foto. Salah seorang perawat memeriksa warga yang sakit untuk memastikan obat bagi warga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image