IQ Tidak Menjamin Kesuksesan Seseorang

Ulasan  
Gambar otak Albert Einstein (msnbc.msn.com)

Apakah kecerdasan atau IQ seseorang akan menentukan kesuksesannya di masa depan? Kebanyakan kita menganggap orang yang memiliki IQ tinggi sudah pasti akan sukses di masa depan. Para juara kelas kita anggap bakal paling sukses dalam berkarir. Apakah benar begitu? Ternyata jawabnya tidak.

Seorang peneliti dari Amerika Serikat bernama Thomas J Stanley menjelaskan, ada 100 faktor penentu kesuksesan seseorang. Tahukah Anda faktor IQ berada di urutan ke berapa? Apakah di urutan ke-10? Bukan! Apakah di urutan ke-15? Juga bukan! Lalu di urutan ke berapa?

Menurut Stanley, IQ atau kecerdasan seseorang, menempati urutan ke 21. Coba bayangkan! Cuma di urutan ke -21 lho.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Begitu juga tempat bersekolah yang favorit, ternyata juga tidak menjamin kesuksesan seseorang. Stanley mengatakan, bersekolah di tempat favorit menempati urutan ke 23 dari 100 faktor kesuksesan seseorang.

Yang lebih mencengangkan, nilai terbaik juga tidak menempati urutan 10 besar kesuksesan seseorang. Ia malah menempati urutan ke-30.

Lalu, faktor apa yang paling menentukan kesuksesan seseorang? Stanley mengatakan, ada 10 faktor utama yang menentukan kesuksesan seseorang, di antaranya kejujuran, kedisiplinan, good interpersonal skill, dukungan dari orang-orang di sekitar kita, bekerja keras, mencintai apa yang dikerjakan, sanggup bersaing dengan lawan, dan bisa menjual gagasan.

BACA JUGA: Membenahi Papua dengan Iman

Mari kita simak sebuah fragmen kehidupan seorang yang sangat pintar. Namanya, William James Sidis. Ia punya IQ 260. Bayangkan, Albert Einstein saja memiliki IQ sekitar 160. Issac Newton diperkirakan memiliki IQ 190. Sedang Mark Zuckkerberg memiliki IQ 152. Semuanya kalah jauh dibanding William.

Namun, ia tak bisa bergaul dengan orang lain. Hidupnya terasing. Ia bahkan tak memiliki teman dan tak memiliki harta. Ia meninggal dalam kesendirian dan kesepian. Tragis!

Jadi, jangan khawatir jika kita tak bisa meraih nilai tinggi walaupun kita tetap harus berusaha mendapatkan nilai terbaik. Jangan pula kecil hati jika kita kelak kuliah di perguruan tinggi yang tidak favorit. Sebab, kesuksesan tidak ditentukan oleh semua itu.

Kesuksesan ditentukan oleh pribadi kita, bukan IQ kita. Islam juga mengajarkan seperti itu. Kata Rasulullah SAW, orang yang paling sukses adalah orang yang sering mengingat kematian, sehingga ia akan selalu berhati-hati dan bersungguh-sungguh menjalani hidup dengan benar.

Syukuri segala ketetapan Allah Ta'ala yang berlaku kepada kita sembari tetap semangat, yakin, dan sabar! ***

Penulis: Mahladi Murni

ARTIKEL LAINNYA

# Tulisanku Adalah Ladang Dakwahku
# Ilmu Kauniyah dan Ilmu Qauliyah
# Rahasia Angka Satu dan Angka Nol

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image